Penjelasan Singkat dan Lengkap Mengenai Perkembangan Islam di Dunia, Belajar Kuy

Penjelasan Singkat dan Lengkap Mengenai Perkembangan Islam di Dunia, Belajar Kuy

Hasil analisis dari lembaga survey asal Amerika Serikat, Pew Research Center, yang diterbitkan tahun 2017 lalu menyebutkan jika Islam adalah agama yang perkembangannya paling cepat di dunia.

Saking cepatnya, perkembangan Islam di dunia bahkan disebut menyalip Kristen sebagai agama yang paling populer selama satu abad terakhir.

Lembaga ini pun memperkirakan jika Islam akan terus berkembang. Dan pada tahun 2050 nanti, diperkirakan bakal ada kedekatan jumlah pemeluk agama untuk pertama kalinya.

Membaca kenyataan di atas, umat Islam bisa merasa bangga. Mengingat, agama Islam merupakan agama samawi paling akhir yang diturunkan oleh Tuhan ke bumi.

Perkembangan Islam di dunia (aeon.co)

Oleh karena itu, menjadi kewajiban kita untuk lebih memahami bagaimana perkembangan Islam di dunia. Setidaknya, bisa membuat kita semakin mengerti dan mengenal, darah, konflik serta perjuangan yang dilakukan para ulama demi menyebarkan nafas kebenaran.

Perkembangan agama Islam di Pakistan

Pakistan adalah salah satu negara di Asia Tengah yang mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam. FYI, negara ini dulunya adalah bagian dari India. Namun kemudian memisahkan diri dan memilih untuk merdeka.

Mengamati penyebaran agama Islam di Pakistan, kita bisa memulainya dari warisan bangunan-bangunan yang masih bisa diamati. Oleh akademisi atau sejarawan, diperkirakan agama Islam mulai disebarkan pada abad ke-13 hingga 15.

Perkembangan Islam di Pakistan (genocidewatch.com)

Sudah sejak lama negara ini dikenal sebagai salah satu pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan filsafat Islam. Dari tempat ini, lahirlah banyak lembaga pengkajian Islam dan intelektual muslim berkaliber internasoinal.

Agama Islam di India

Perkembangan agama Islam di wilayah yang mayoritas warganya memeluk agama Hindu ini bisa kita lacak sejak kepemimpinan Khalifah Umar, salah satu sahabat nabi.

Diketahui, pada abad 7, khalifag Umar mengirimkan pasukan ke Persia dengan menjadikan Saad bin Abi Waqas sebagai pemimpinnya. Dengan semangat menyebarkan agama Islam, Saad turun ke gelanggang perang selama enam tahun.

Dan akhirnya, Saad pun berhasil menguasai seluruh Persia, yang langsung diperluas hingga Khurasan dan India.

Perkembangan Islam di India (scroll.in)

Proses penyebaran Islam di wilayah ini dilanjutkan oleh Khalifah Usman. Saat menjabat sebagai Khalifah, Usman bin Affan mengirimkan Hakim bin Jabala dengan tujuan penjelajahan dan lebih mengenali neger ini.

Bisa dibilang jika perkembangan Islam di India berlangsung damai. Tanpa terlalu banyak pembunuhan atau penolakan dari masyarakat setempat. 

Berbicara bukti, ada banyak hal yang bisa dijadikan sebagai bukti sejarah. Bukti sederhananya adalah keberadaan kerajaan-kerajaan bercorak Islam di wilayah ini.

Kerajaan-kerajaan tersebut antara lain Kerajaan Sabaktakin, Kerajaan Ghazi, Kerajaan Mameluk, Kerajaan keturunan Kilji, dan Kerajaan Taghlak.

Perkembangan agama Islam di Rusia

Sekalipun kehidupan muslim Rusia jarang kita kenal, perkembangan agama ini di negara tersebut sayang kalo dilewatkan.

Diketahui, agama Islam mulai masuk di wilayah ini semasa Rusia di bawah pemerintahan Dinasti Yuan. Di bawah pemerintahannya, masyarakat muslim melakukan revolusi. Tak selang lama, Dinasti pemerintahan pun diganti oleh Dinasti Ming.

Perkembangan Islam di Rusia (historyofjihad.org)

Di bawah pemerintahan Dinasti Ming, muslim banyak ditempatkan di berbagai pos penting. Di antarnya di bidang intelektual, militer dan administrasi pemerintah.

Namun, tak ada kekuasaan yang bertahan panjang. Apalagi di masa kerajaan, pusat kekuatan akan selalu bersitegang dengan pemberontak. Lalu, suku Dzahabieh yang dipimpin oleh Uzbek Khan pun memegang peran sentral dalam perkembangan Islam di wilayah Rusia.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"