Pengin Menang Suwit Batu-Gunting-Kertas? Kata Para Ahli, Begini Caranya ...

Pengin Menang Suwit Batu-Gunting-Kertas? Kata Para Ahli, Begini Caranya ...

Kalian pernah main suwit batu-gunting-kertas kan gengs? Gimana, menang atau kalah terus? Sebenernya ya nggak masalah sih, toh cuma permainan ya.

Di balik itu, sebenernya banyak orang beranggapan bahwa menang suwit batu-gunting-kertas adalah soal keberuntungan dan kebetulan doang. Tapi sains bisa menunjukkan bahwa permainan sederhana ini lebih dari sekadar keberuntungan.

Permainan batu, gunting, dan kertas (copleyraff.com)

Seperti permainan lainnya, suwit batu-gunting-kertas memang soal adu strategi tentang pola, psikologi, serta statistik. Hal utama yang harus kita lakukan untuk memenangkan suwit batu-gunting-kertas adalah melawan stereotipe. 

World Rock Paper Scissors Society, seperti dikutip dari Kompas.com, menyatakan jurus laki-laki pertama biasanya adalah batu. Sementara perempuan biasanya lebih suka melempar kertas gengs.

"Ini ada hubungannya dengan ide bahwa batu dianggap kuat dan bertenaga, jadi laki-laki biasanya memilih hal itu," kata mereka.

Kejuaraan permainan batu-gunting-kertas tingkat dunia (theatlantic.com)

Dengan begitu, jika lawan kalian adalah laki-laki, ada baiknya untuk mengeluarkan jurus pertama berupa kertas. Sementara, kalo lawan kalian adalah perempuan, kalian punya peluang lebih besar untuk menang kalo menunjukkan gunting.

Strategi biar bisa menang terus dalam permainan inin juga pernah diteliti oleh Zhejiang University, China. 

Para peneliti bidang teori permainan di universitas itu (*ini beneran ada btw) pernah merekam hasil 20.000 ronde suwit batu-gunting-kertas yang dilakukan oleh 360 mahasiswa. Mereka ingin mengetahui pola yang biasanya digunakan untuk memainkannya.

Pengin menang terus? Ada kok caranya ... (roshambopodcast.com)

Sebagai insentif, mahasiswa yang menang dalam permainan itu akan mendapatkan hadiah berupa uang.

Seperti dugaan para peneliti, ketiga jurus yang digunakan nyaris sama seringnya. Namun, para peneliti menemukan pola yang menarik nih. Orang-orang yang menang biasanya mengulangi jurusnya, sedangkan yang kalah biasanya mengubah-ubah jurusnya dengan pola batu ke kertas lalu guntung, sebelum kembali ke batu lagi.

Ya, namanya juga permainan, ada menang ada kalah gengs (wackynation.com)

Selama lawan kalian nggak tau pola-pola kayak gini, aman gengs! Kalian juga aman untuk memasukkan pengetahuan tentang peluang ini sebagai strategi kalian untuk menang.

Tapi kalo kalian males berstrategi, para peneliti berkata bahwa jalan yang paling aman adalah mengeluarkan kertas. Soalnya, kertas lebih jarang digunakan. Rata-ratanya sebesar 29,6 persen aja dalam setiap permainan.

Nah, itu tuh gengs ... ternyata permainan sesimpel ini aja ada strateginya juga ya. Ya gapapalah buat kalian pelajarin, kan lebih seru tuh.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"