Pengaruh Letak Astronomis Indonesia, Kalian Wajib Tau Nih Gengs!

Pengaruh Letak Astronomis Indonesia, Kalian Wajib Tau Nih Gengs!

Letak astronomis Indonesia adalah 60 LU-110 LS dan 95 BT-141 BT. Letak tersebut menunjukkan bahwa Indonesia terletak di kawasan iklim tropis dan berada di belahan timur bumi. Hal inilah yang membuat negara kita selalu disinari oleh matahari sepanjang tahunnya. Kita juga cuma punya dua musim yang pergantiannya hanya musim kemarau dan musim penghujan.

Tapi tau nggak kalian, kalo ternyata negara-negara dunia yang terletak di kawasan tropis punya kekayaan alam yang berlimpah? Ya, contohnya negeri kita ini. 

Tapi ada lagi gak sih pengaruh lain dari letak astronomis ini? Kalo gitu, simak dulu yuk pengaruh letak astronomis Indonesia. Buat nambah wawasan kalian nih tentang ke-Indonesia-an.

Indonesia dari luar angkasa (lowyinstitute.org)

1. Indonesia hanya punya dua iklim gengs

Indonesia merupakan salah satu negara yang dilewati garis khatulistiwa. Itulah alasan kenapa negeri ini selalu disinari matahari. Nggak ada musim-musim lain di sini, kecuali musim hujan dan kemarau. Temperatur rata-rata di negara ini adalah 26-28 derajat Celcius.

2. Indonesia itu paru-paru dunia loh

Letak astronomis Indonesia menjadikan negeri ini sebagai wilayah tropis. Makanya, daerah ini punya hutan hujan tropis yang amat luas dan subur. Karena itu, Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia.

Indonesia adalah paru-paru dunia (blog.urbanindo.com)

3. Indonesia punya tanah yang subur

Iklim tropis membuat wilayah Indonesia menjadi amat subur. Curah hujannya cukup tinggi serta intensitas cahaya matahari yang cukup membuat tumbuh-tumbuhan tumbuh subur di negeri ini. Makanya di sini banyak banget area perkebunan dan pertanian. Dan karena itu, Indonesia disebut sebagai negara agraris.

4. Indonesia punya curah hujan yang tinggi

Curah hujan yang tinggi membuat negara kita nyaris nggak pernah kekeringan. Curah hujan di negeri kita mencapai 200 mm per tahun. Tapi, karena tingginya curah hujan juga yang membuat berbagai daerah di Tanah Air jadi banjir atau bencana alam tanah longsor.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"