Penemuan Tengkorak "Manusia Naga" Ditemukan di Tiongkok, Kemungkinan Cabang Baru dalam Perjalanan Evolusi Manusia

Sebuah fosil tengkorak raksasa yang tersembunyi di sebuah sumur di Tiongkok selama 90 tahun baru saja ditemukan oleh para ilmuwan. Penemuan itu membuat mereka memikirkan kembali bagaimana evolusi manusia.

Tengkorak itu awalnya ditemukan pada tahun 1933 oleh pekerja Tiongkok yang membangun jembatan di Harbin, sebuah kota di Tiongkok utara, selama pendudukan Jepang.

Untuk mencegah agar tengkorak itu tidak jatuh ke tangan orang Jepang, tengkorak itu dibungkus dan disembunyikan di dalam sumur yang ditinggalkan. Kemudian tengkorak itu baru ditemukan kembali pada tahun 2018 ketika lelaki tua yang awalnya menyembunyikannya memberi tahu cucunya, sesaat sebelum kematiannya.

Penampakan tengkorak manusia naga di Tiongkok (aeomedia.com)

Fosil yang sangat terpelihara dengan baik telah diberi label spesies manusia baru, Homo longi, oleh para peneliti Tiongkok. Spesies ini dijuluki "Manusia Naga," untuk provinsi Tiongkok utara tempat tengkorak itu ditemukan, Heilongjiang - atau  wilayah "Sungai Naga Hitam".

# Berbeda dengan spesies homo lainnya

Dalam serangkaian tiga artikel yang diterbitkan dalam jurnal penelitian Innovation pada hari Jumat, para ilmuwan mengemukakan bahwa tengkorak itu milik seorang pria berusia sekitar 50 tahun.

Dia  memiliki hidung lebar untuk memungkinkan dia bernapas tanpa hambatan selama aktivitas berat dan mungkin akan kokoh untuk menahan musim dingin regional yang dingin, tulis para peneliti.