Pembentukan Identitas Diri Kudu Kamu Kenali Saat Menjelang Dewasa, Begini Penjelasannya~

Pembentukan Identitas Diri Kudu Kamu Kenali Saat Menjelang Dewasa, Begini Penjelasannya~

Siapa aku? aku mau kemana? Orang seperti apa aku nantinya? ' Ini adalah pertanyaan dalam pembentukan identitas diri. 

Ini menunjukkan pentingnya satu aspek identitas diri ketika kita masing-masing bertanya 'Dari mana aku berasal'.

Bagaimana kita melihat diri kita memengaruhi cara kita berfungsi dalam kehidupan dan perilaku orang lain terhadap kita, mis. tingkat kebahagiaan, kegelisahan, integrasi sosial, harga diri, dan kepuasan hidup gitu gengs. Pernah gak ngerasain?

Pembentukan identitas diri

Pembentukan identitas diri Identitas diri (icarementors.com)

Dimensi pribadi untuk identitas diri

Namun ada juga dimensi pribadi untuk identitas diri. Misalnya, jika aku diam-diam melihat diri aku sebagai tukang kebun yang hebat, aku mungkin rajin membaca buku-buku berkebun. 

Jika aku melihat diri aku sebagai 'orang tua' aku mungkin cenderung membaca majalah lebih sering daripada membaca internet. Ya begitulah pola pembentukan identitas diri.

Beberapa identitas diri kita diekspresikan dalam gaya pakaian kita: 

busana etnik, pakaian formal, bisnis kasual, olahraga, gothic, punk, dan lain-lain. Namun, tidaklah mudah untuk mengatakan, kita merasa benar-benar mendalam dengan kata-kata. turun.

Cara dunia berpikir tentang kita

Dunia melihat kita dalam hal ukuran fisik, jenis kelamin, usia, kesehatan, situasi keluarga, pekerjaan dan status sosial, pendapatan, dan lain-lain. Atau dalam kaitannya dengan peran yang kita lakukan, mis. 

Pemain tim, majikan, tetangga, anggota keluarga, teman. Atau bagaimana kami menjumpai orang lain, mis. tingkat kecerdasan, keterampilan sosial, apakah banyak bicara, tenang atau emosional, gembira atau tertekan dan apapun itu.

Beberapa dari kita memiliki perasaan 

kesejahteraan batin dan kepercayaan diri tentang masa depan meskipun melalui masa-masa sulit kemunduran dan kesulitan. 

Sebagian dari kita mungkin pada dasarnya tidak bahagia dan tidak puas dengan diri kita sendiri. Kalian berpikir gitu gak?

Identitas diri sebagai campuran karakteristik

Psikolog Carl Rogers berpikir bahwa orang yang sehat secara emosional cenderung tidak mengidentifikasi dengan peran yang diciptakan untuk mereka oleh harapan orang lain, dan sebaliknya mencari ke dalam diri mereka sendiri untuk hal yang asli.

Pertanyaan 'Siapa aku?' lebih baik mengundang jawaban semua atau tidak sama sekali. Namun, konsep diri seseorang sering merupakan kumpulan kepercayaan tentang diri sendiri. 

Pengetahuan diri kita mungkin tidak jelas. Apakah kita tidak diperbolehkan menjadi makhluk kompleks dengan campuran fitur yang tidak konsisten? Tidak bisakah aku baik dan malas, jujur ??dan tidak dapat diandalkan, baik dan buruk?

Anak muda cenderung menjadi orang yang berbeda dalam konteks sosial yang berbeda

Siapa yang tidak memperhatikan remaja yang senang dan mengobrol dengan teman-temannya tetapi ketel ikan yang berbeda di rumah, kadang-kadang murung dan diem aja. Siapa orang yang sebenarnya? Bagaimana cara mengetahui siapa Anda? Pusing gak tuh?

anonim (ask.fm)

Studi remaja online menunjukkan bahwa anonimitas tampaknya penting

Ini membantu mereka mengeksplorasi prioritas dan nilai-nilai mereka sendiri dengan bereksperimen dengan cara mereka mengekspresikan berbagai pendapat, dan kadang-kadang tidak konsisten, tentang misalnya hubungan pribadi.

Motivasi dominan

Menurut gambaran pertumbuhan pribadi ini, segala sesuatu yang tidak selaras didorong ke samping. Arus yang mendasari secara bertahap terbentuk yang menarik dan membawa orang itu bersama meskipun mereka mungkin tidak menyadari hal ini. Apa yang mereka sukai dan hargai dalam kehidupan mereka berkembang di dalamnya.

Ini menjelaskan mengapa orang menemukan hal-hal tertentu lebih menarik, dan mengapa mereka hidup seperti kita. Dengan kata lain, jika individu terus dengan cara ini ada pertumbuhan motivasi yang dominan. Apa yang sebenarnya mereka inginkan mulai mendefinisikan siapa mereka.

Identitas diri berhubungan dengan nilai-nilai dasar yang memengaruhi pilihan pekerjaan. Sebagai contoh, bankir investasi menghargai uang, dan guru sekolah menghargai pendidikan dan membantu siswa.

Selain pilihan pekerjaan, nilai-nilai negatif dan positif juga muncul di area lain yang cenderung menjadi fokus individu. 

Itu bisa mendapatkan kekuatan demi mendapatkan cara mereka sendiri dalam hal-hal, mencapai status selebriti, atau mendapatkan kekayaan. Bisa jadi menghasilkan layanan atau produk yang berkualitas. Atau mungkin menginginkan pengetahuan dan keterampilan baru. 

Menjadi orang tua yang penuh cinta atau pasangan dengan hubungan yang bahagia. Bisa jadi salah satu dari sejumlah hal.

Integrasi dan identitas diri

Apa yang kita sukai akan sangat bervariasi terutama ketika kita masih muda. Entah itu ingin memenangkan pertengkaran, memuaskan keingintahuan, mencapai kesuksesan, menemukan pasangan yang penuh cinta, dan lain-lain.

Namun setiap minat baru yang kita kembangkan mengambil tempat dalam kaitannya dengan yang lain dan bekerja bersama mereka.

Tahu gak gengs, bahwa ketika kita tumbuh menjadi dewasa, kita mulai menjadi lebih sadar diri dan juga lebih terintegrasi sebagai pribadi. Dengan kata lain, ketidakharmonisan di antara sifat-sifat kita perlahan berkurang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"