Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Jadi Relawan

Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Jadi Relawan

Biasanya waktu ada bencana alam, banyak media memberitakan keberadaan sukarelawan yang turun ke lapangan untuk membantu. Mereka bisa datang sebagai individu, komunitas atau organisasi yang memberikan layanan tanpa keuntungan finansial. Selama memberi bantuan, para relawan nggak dibayar, malah rela mengeluarkan uang pribadi ditambah merelakan waktu dan tenaga mereka. 

Sebenarnya, jadi relawan itu nggak cuma saat ada bencana lho, tapi banyak aktivitas lain yang butuh jasanya, misal di bidang medis, pendidikan, atau penyelamatan darurat. 

Tau nggak sih kalau jadi relawan itu memberikan banyak keuntungan untuk diri sendiri. Semua perjuangan dan capeknya saat bertugas akan terbayar dengan nilai yang lebih besar dari sekadar uang. Seenggaknya sekali seumur hidup kamu mesti coba ikut jadi relawan, ya pasti ujungnya bakalan ketagihan sih, soalnya kamu bakalan mendapatkan hal-hal berikut ini:

Jadi relawan (windsor.edu)

Lebih peka pada sekitar

Selama ini, kamu mungkin termasuk orang yang cuek dan nggak pedulian. Tapi waktu jadi relawan, kamu akan ‘dipaksa’ untuk jadi lebih peka pada orang lain di sekitarmu. Jiwamu pasti lebih bergetar untuk menolong orang lain yang membutuhkan. Misalnya menolong orang yang sakit atau terluka, mengajar anak-anak, atau setidaknya meringankan beban orang lain di lokasi. 

Belajar ikhlas 

Jadi relawan itu emang bukan pekerjaan yang dibayar. Jadi kamu akan belajar apa itu ikhlas. Secara naluriah, kamu akan rela membantu orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Makin sering kamu jadi relawan, kamu bakalan jadi orang yang lebih tulus lho dan ingin selalu berbuat kebaikan walau tanpa balasan.

Keuntungan jadi relawan (projects-abroad.org)

Menambah keahlian dan keterampilan

Mungkin kamu nggak punya keahlian di bidang medis atau pendidikan, tapi dengan tekad sekuat baja, pasti peranmu akan dibutuhkan kok. Misalnya waktu ada bencana alam, kamu bisa bantu mendirikan tenda darurat, memasak, menyiapkan makanan, bersih-bersih, mencari orang yang hilang, dokumentasi, berhubungan dengan pemberi bantuan di luar sana, serta membantu orang-orang lain mengerjakan tugasnya. Malah, kamu bisa nemuin keterampilan baru lho selama jadi relawan. 

Banyak pengalaman baru

Selama jadi relawan, kamu bakalan nambah pengalaman baru yang seringnya menantang. Ini juga jadi kesempatanmu untuk lebih sigap, berkomunikasi dengan baik, tau lokasi baru beserta adat dan budaya yang berbeda. Pikiranmu pun pasti akan lebih terbuka.

Pelajaran saat jadi relawan (volunteersindia.org)

Memiliki banyak koneksi baru

Di lokasi, pasti jumlah relawan akan banyak dan bisa datang dari mana aja dengan latar belakang berbeda. Kamu akan banyak ketemu orang baru yang hebat-hebat. Mungkin nggak selalu mereka yang kaya atau berpendidikan tinggi, tapi koneksi dengan orang-orang dengan kepedulian sosial tinggi ini akan bermanfaat untukmu.

Lebih bisa berempati

Melihat orang lain sedang kesusahan dan kamu bertugas di sana untuk membantu akan meningkatkan kepekaanmu dalam berempati. Kamu jadi bisa merasakan apa yang orang lain rasakan kemudian memberikan bantuan sesuai kebutuhan mereka. Kadang, ada orang memberikan perhatian aja udah cukup lho bagi beberapa situasi. 

Lebih bersyukur

Pada akhirnya, menjadi relawan akan bikin kamu banyak bersyukur sama semua yang ada di hidupmu. Kamu akan terlalu malu buat mengeluh ketika mengingat kondisi di lapangan waktu jadi relawan. Positif banget kan keuntungan yang didpatkan ketika jadi relawan dan ini nggak bisa kamu dapatkan di tempat lain, mesti bayar berapapun!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"