Patut Ditiru! Deretan Pejabat yang Nggak Ambil Gaji

Patut Ditiru! Deretan Pejabat yang Nggak Ambil Gaji

Menjadi pejabat seperti kepala daerah atau menteri pasti mendapatkan gaji yang cukup besar. Namun di Indonesia masih ada lho beberapa pejabat yang memilih tidak ambil gaji bulanan mereka. Justru gaji tiap bulannya digunakan untuk kepentingan banyak orang yang lebih membutuhkan. Siapa saja ya pejabat-pejabat baik hati itu?

Joko Widodo

Saat ini Joko Widodo menjadi Presiden. Namun kepemimpinannya bermula kala Jokowi menjadi Wali Kota Solo. Selama dua periode memimpin Kota Solo, Jokowi tidak pernah mengambil gaji bulanan yang didapat. Jokowi memilih menggunakan uang itu untuk membantu warga Solo yang membutuhkan.

Jokowi dikenal pejabat yang dekat dengan rakyat. Jokowi sering membagi-bagikan sembako, makanan, kepada warga Solo yang berprofesi sebagai tukang becak. Penghasilan Jokowi didapatkan dari bisnisnya sebagai pengusaha mebel. 

Pejabat Tidak Ambil Gaji (Antaranews.com)

Gibran Rakabuming

Apa yang dilakukan Jokowi sebagai pejabat di Solo ditiru oleh putranya Gibran Rakabuming. Gibran adalah saat ini menjadi Wali Kota Solo.Ternyata Gibran pernah memberikan pengakuan tidak mengambil gajinya. 

Gibran memilih memberikan gajinya untuk warga Solo yang kesusahan.Gibran mendapatkan pemasukan dari bidang lain seperti bisnis yang ia miliki. Gibran sendiri memiliki kekayaan mencapai Rp 26 miliar menurut data laporan di LHKPN.

Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno masuk dalam daftar pejabat yang tidak ambil gaji. Pengusaha yang punya harta kekayaan mencapai Rp 10,99 triliun rasanya lebih besar dapat income dari profesinya sebagai pengusaha dibandingkan pejabat.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta memilih memberikan gajinya untuk disumbangkan kepada Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas. Keputusan itu diambil sebagai bukti jika Sandiaga berkomitmen membantu sesama.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"