Pattimura Disebut Beragama Islam, Keturunannya Bantah Pernyataan Ustaz Adi Hidayat: Itu Cuma Cerita Dongeng

Pattimura Disebut Beragama Islam, Keturunannya Bantah Pernyataan Ustaz Adi Hidayat: Itu Cuma Cerita Dongeng

Nama pahlawan asal Maluku, Pattimura  dikabarkan beragama Islam. Sontak banyak warganet terkejut karena selama ini Pattimura dikenal sebagai pahlawan nasional yang beragama non-muslim. Adalah Thomas Matulessy yang merupakan keturunan Pattimura akhirnya buka suara.

Melansir dari Detik, pria bernama Thomas Matulessy  itu merupakan generasi atau keturunan ke-6 dari Pattimura. Thomas yang lahir di Pulau Haruku pada 1957 membantah bahwa Pattimura yang merupakan nenek moyangnya disebut beragama Islam. “Itu hoax sejarah,” tegasnya.

Thomas memiliki nama panjang yang mirip dengan Pattimura karena orangtuanya berharap agar anak-anaknya masih mengenang Patimurra yang menjadi pahlawan pembela kemerdekaan dari tanah Maluku. Walau mengaku sebagai bagian dari keluarga Pattimura, memang Thomas dan keluarganya tidak diakui negara sebagai bagian dari ahli waris Pattimura.

Pattimura Disebut Beragama Islam, Keturunannya Bantah Pernyataan Ustaz Adi Hidayat (iNews)

Thomas tidak hanya membantah pernyataan Ustaz Adi Hidayat saja, karena seorang sejarawan bernama Profesor Ahmad Mansur Suryanegara dalam buku berjudul ‘Api Sejarah” juga mengklaim jika Pattimura beragama Islam. Thomas menyebut penelitian yang dilakukan profesor tersebut tidak tepat karena salah.

“Saya menganggap itu adalah cerita dongeng yang tidak berdasar. Sejarah itu kan harus berdasarkan fakta pada masa lampau yang benar,” bilang Thomas. Thomas menegaskan jika Pattimura adalah anak kandung dari Corneles dan Petrosina Noya yang keluarganya beragama Kristen Protestan.

Seperti diketahui sebelumnya jika Ustaz Adi Hidayat pernah memberikan pernyataan yang viral di sosial media yang mengatakan bahwa Pattimura tidak memiliki nama asli Thomas Matulessy melainkan Ahmad Lussy karena Pattimura Bergama Islam dan seorang Kiai.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"