Para Astronot Uji Coba Tanam Cabai di Luar Angkasa, Ini Hasilnya

Para Astronot Uji Coba Tanam Cabai di Luar Angkasa, Ini Hasilnya

Panen cabai di Indonesia? Itu biasa. Panen cabai di luar negeri? Itu juga hal yang biasa. Namun, apa jadinya ya, kalau panen cabai dari luar angkasa? Ha? Emangnya bisa?

Baru-baru ini para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mencari item makanan baru di luar angkasa. Salah satunya dengan menguji coba menanam cabai.

Para astronot ini mulai menumbuhkan cabai di luar angkasa untuk pertama kalinya. Mulanya, astronot NASA bernama Shane Kimbrough memasukkan 48 biji cabai ke dalam Advanced Planet Habitat (APH) stasiun ruang angkasa pekan ini dan mulai percobaan yang disebut Plant Habitat-04.

Tujuannya adalah menanam cabai selama empat bulan ke depan dan kemudian memanen untuk melihat pertumbuhannya.

Sejumlah benih cabai telah ditanam di Stasiun Luar Angkasa Internasional sebagai bagian dari percobaan baru yang bertujuan memperluas makanan yang bisa ditanam di luar angkasa menjelang kemungkinan misi masa depan ke Mars. Cara ini juga dilakukan dengan tujuan mendukung kehidupan di luar angkasa.

Para Astronot Uji Coba Tanam Cabai di Luar Angkasa (NASA)

Benih cabai rawit 48 Hatch tiba di pos orbit 5 Juni dengan misi pasokan komersial SpaceX Dragon CRS-22.

"Sekarang, cabai merah dan cabai hijau tersebut mulai tumbuh sebagai bagian dari percobaan Plant Habitat-04 NASA," kata pihak NASA, dilansir dari Space, Senin (19/7/2021).

Para astronot itu mendapatkan sebagian besar pasokan makanan segar dari kapal kargo. Namun, versi percobaan habitat sebelumnya telah menghasilkan beberapa makanan lezat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"