Pantangan Orang Jawa, Bahaya Bila Dilanggar karena Bisa Sebabkan Ini

Pantangan Orang Jawa, Bahaya Bila Dilanggar karena Bisa Sebabkan Ini

Orang Jawa termasuk suku budaya yang menjunjung nilai budaya. Suku Jawa biasanya memiliki banyak pantangan-pantangan yang tidak boleh dilanggar. Biasanya pantangan orang Jawa itu selalu dipatuhi oleh mereka dengan mengajarkan kepada anak-anaknya.

Berikut ini adalah beberapa pantangan yang disarankan harus dipatuhi oleh banyak orang Jawa agar tidak terhindar pada hal-hal yang tidak menyesal dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari sulit dapatkan jodoh hingga masalah keuangan yang bisa terjadi.

1. Tidak Boleh Duduk di Depan Pintu

Mungkin ini pantangan yang paling terkenal di kalangan masyarakat Jawa. Biasanya orangtua zaman dahulu sering melarang anak-anaknya untuk duduk di depan pintu karena bisa menyebabkan sulit mendapatkan jodoh. Siapa sih yang tidak mau menikah, jadi banyak anak-anak yang mengikuti saran orangtuanya.

Ilustrasi Duduk di Depan Pintu (Grid.ID)

2. Tidak Boleh Menyapu di Malam Hari

Menyapu lantai biasanya dilakukan pada pagi atau sore hari karena harus membersihkan rumah. Nah ada pantangan masyarakat Jawa yang melarang orang menyapu di malam hari karena bisa membuat sulit mendapatkan rezeki.

3. Jangan Makan Brutu

Bagian brutu atau pantat ayam memang banyak yang dioleh dengan cara digoreng.. Tapi tahukah kamu kalau orang dulu percaya, bagi orang yang sering makan bagian brutu atau pantat ayam akan alami kebodohan karena bagian itu  membuat otak jadi tak pintar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"