Pantang Ambil Gaji, Pria Ini Disebut Sebagai Presiden Termiskin Sejagad Raya

Pantang Ambil Gaji, Pria Ini Disebut Sebagai Presiden Termiskin Sejagad Raya

Jose Mujica adalah seorang pria tua berusia 86 tahun. Pada tahun 2010 Mujica terpilih menjadi Presiden Uruguay hingga 2015. Selama 5 tahun menjabat sebagai orang nomor satu di Uruguay, banyak hal yang dilakukan Mujica yang menarik perhatian rakyatnya hingga dunia.

Mujica yang merupakan Presiden ke-40 Uruguay, hidup sangat sederhana. Penampilan dalam kesehariannya tidak seperti pemimpin negara lain yang identik dengan kemewahan. Dilansir dari Kompas, Mujica tak mengambil 100 persen gaji sebagai Presiden, karena 90 persen dia berikan kepada orang miskin. Dalam sebulan Mujica dapat gaji sebesar 12 ribu US Dollar atau sekitar Rp 174 juta.

Tentu hal itu membuat banyak orang tertegun. Ditambah Mujica tak mau tinggal di istana kepresidenan seperti Presiden Uruguay sebelumnya yang membawa keluarga tinggal di bangunan mewah tersebut. Mujica tinggal di sebuah rumah sederhana di kawasan pertanian sederhana, dia tenang dan nyaman berada di sana.

Jose Mujica Mantan Presiden Uruguay (Viva)

Di rumah sederhana itu ia tinggal bersama sang istri Lucia Topolansky. Mujica dan sang ibu negara hanya tinggal berdua karena mereka tak memiliki anak. Meskipun seekor anjing berkaki tiga bernama Manuela menemani Mujica dan Lucia selama tinggal di rumah itu.

Ternyata Mujica memutuskan hidup sederhana karena ingin memenuhi janji politiknya saat masa kampanye. Dia berjanji jika menjadi Presiden dirinya akan menjalani program keadilan sosial di seluruh wilayah Uruguay. Janji adalah hutang dan Mujica tak mau membuat rakyatnya sedih bila dia harus mengingkari janjinya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"