Orang Palestina Ini Kuliah S2 di Indonesia, Terungkap Perjuangan Keluar dari Jalur Gaza

Orang Palestina Ini Kuliah S2 di Indonesia, Terungkap Perjuangan Keluar dari Jalur Gaza

Osama Khalil Al-Yaqubi merupakan orang Palestina yang sudah dua tahun lebih berada di Indonesia. Osama berada di Indonesia untuk menjalani pendidikan kuliah S2 di salah satu universitas Islam di Yogyakarta, mengambil jurusan Manajemen Rumah Sakit. Osama juga menceritakan perjuangan dia bisa keluar dari jalur Gaza.

Dalam obrolannya di channel YouTube Fouly, Osama menyebut saat ini masyarakat Palestina memang sulit bisa keluar dari jalur Gaza karena hadangan dari tentara Israel. Jadi ia dan masyarakat Palestina lain harus cari jalan keluar jika hendak keluar negeri. 

“Keluar dari Gaza itu susah, karena sekarang orang Palestina nggak bisa keluar lewat Palestina  karena nggak ada bandara, orang Gaza mau keluar harus lewat Mesir dan itu sulit karena mengantri,” kata Osama.

Orang Palestina Ini Kuliah S2 di Indonesia, Terungkap Cara Bisa Keluar dari Jalur Gaza (YouTube Fouly)

Osama pun harus memiliki banyak dokumen sebagai penunjang proses dirinya keluar dari Mesir sebagai warga Palestina. Misalnya karena ia akan menempuh pendidikan, maka visa dan izin tinggal serta surat bukti lain jadi dokumen yang harus dibawa.

Osama menceritakan proses dirinya bisa mengajukan kuliah S2 di Indonesia. Ternyata ia melalui kedutaan besar Indonesia di Jordania. Proses berjalan lancar,namun saat keluar dari Palestina, Osama tidak bisa keluar lewat Jordania. “Karena menuju Jordania harus lewat Israel,” tegasnya yang tidak mau ambil risiko besar.

Setibanya di Indonesia, Osama sempat tinggal di Jakarta. Ia takjub dengan Jakarta sebagai kota besar dengan banyak gedung pencakar langit. “Jakarta banyak motor, tidak seperti di Gaza yang hanya ada mobil dan orang jalan kaki,” katanya sambil tertawa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"