Operasi Jakarta, Apakah Kudeta di Chili dan Soekarno Sama-sama Didalangi CIA?

Operasi Jakarta, Apakah Kudeta di Chili dan Soekarno Sama-sama Didalangi CIA?

Meskipun sangat disegani di seluruh dunia, tak sedikit yang menaruh curiga terhadap sepak terjang Badan Intelijen Amerika atau CIA ketika mendalangi sejumlah misi intelijen. Mereka memiliki sejumlah catatan terkait usaha penggulingan sejumlah pemerintahan.

Entah secara kebetulan atau tidak, terungkap sebuah dokumen bahwa CIA pernah membuat sebuah operasi rahasia yang mereka sebut "Operasi Jakarta". Operasi ini bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan negara Chili di bawah kepemimpinan Salvador Allende yang terpilih secara demokratis.

Apakah kudeta di Chili dan Soekarno sama sama didalangi CIA? (history.com)

Penamaan ini mengingat cara yang digunakan sangat mirip. Seperti Soekarno dan Soeharto, pemerintahan Allende berakhir pada September 1973 ditangan pemimpin militer Augusto Pinochet. Dan semua diawali dengan ontran-ontran krisis ekonomi yang di-back up Amerika Serikat.

Kepemimpinan Allende terhitung sangat singkat. Ia baru terpilih sebagai presiden pada 4 November 1970. Praktis ia baru menjabat selama 3 tahun saja. Padahal kampanye presiden yang dilakukan Allende, menurut sebuah catatan, ia lakukan sudah sejak tahun 1952.

Apa yang ia lakukan pertama kali sejak menjabat sebagai pimpinan negara adalah dengan menasionalisasi sejumlah perusahaan asing. Persis seperti yang Soekarno lakukan. Langkah ini tentu tidak disukai orang-orang yang berhaluan kanan, yang kebetulan dekat dengan Amerika Serikat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"