Oh Ternyata ... Warna Belang Zebra Hitam dan Putih Ampuh Usir Lalat~

Oh Ternyata ... Warna Belang Zebra Hitam dan Putih Ampuh Usir Lalat~

Tuhan menciptakan makhluk itu pasti punya kelebihan masing-masing. Seperti warna belang  hitam-putih punya zebra yang bukan hanya sekedar warna.

Belang hitam-putih ini ternyata punya fungsi tersendiri lho gengs. Warna uniknya bisa membantu mengusir lalat pikat, lalat berukuran besar yang menghisap darah. Juga hewan-hewan kecil lainya yang berkemungkinan menghisap darah zebra.

Zebra(animals.sandiegozoo.org)

Selain sengatanya dapat mengakibatkan rasa gatal. Lalat pikat betina juga berpotensi menjadi penyebar penyakit pada hewan melalui darah. 

Karena zebra punya warna yang unik maka dapat mencegah lalat pikat untuk mengigit dan tertular penyakit mematikan.

Yang jadi unik, ternyata gak cuma berfungsi sama zebra doang gengs. Trik mengecat tubuh dengan warna belang hitam-putih juga dapat berguna bagi manusia loh. 

Menurut hasil studi, beberapa suku Tribal di Afrika, Australia, Papua Nugini, dan Amerika Utara mengecat tubuh mereka menjadi hitam-putih untuk melakukan ritual tertentu.

Cat tubuh itulah yang menginspirasi para peneliti untuk melakukan penelitian terkait cat hitam-putih.

Studi mengenai fungsi mengecat tubuh belang hitam-putih ini dilakukan dengan menggunakan manekin. Manekin pertama memiliki warna kulit gelap, kedua berwarna terang, dan yang terakhir adalah manekin kulit gelap yang dicat belang dengan cat putih.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"