Nilai Tukar Memburuk, Orang Venezuela Pernah Ngerasain Selembar Uang Jadi Bungkus Gorengan!

Nilai Tukar Memburuk, Orang Venezuela Pernah Ngerasain Selembar Uang Jadi Bungkus Gorengan!

Venezuela mungkin lebih dikenal sebagai negaranya Hugo Chavez atau negerinya telenovela. Tapi ada sebuah kisah unik dari negara ini. Persisnya ketika nilai tukar mata uang mereka memburuk.

Saking buruknya nilai tukar mata uang, orang Venezuela pernah ngerasain selembar uang jadi bungkus gorengan!

Orang Venezuela pernah ngerasain selembar uang jadi bungkus gorengan! (reddit.com)

Kisah unik ini bermula dari munculnya sebuah postingan dari seorang pengguna situs jejaring sosial Reddit. Dia mengunggah foto sedang memegang gorengan yang dibungkus menggunakan selembar uang Venezuela.

Dikutip dari Dailymail, tahun 2015 lalu, selembar uang mata uang bolivar Venezuela pernah bernilai kurang dari satu sen dollar AS. Masyarakat Venezuela pun pernah sangat kesulitan membeli sebuah barang yang paling murah.

Dalam kurun satu tahun, nilai tukar merosot taham, hingga 700 persen! Satu dollar AS tadinya masih setara dengan 82 bolivar. Tapi semenjak anjloknya nilai tukar bolivar, 1 dollar AS setara dengan 676 bolivar!

Akibatnya, orang Venezuela sengsara. Negara di Amerika Latin yang bergantung pada produk impor itu kesulitan memperoleh barang-barang kebutuhan. Masyarakat tak bisa mendapatkan kebutuhan primer macam gula, tepung, dan susu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"