Nggak Selalu Jadi Sumber Penyakit, Kenali Jenis Bakteri yang Menguntungkan

Nggak Selalu Jadi Sumber Penyakit, Kenali Jenis Bakteri yang Menguntungkan

Kalau mendengar kata bakteri, yang pertama kamu bayangkan mungkin adalah penyebab penyakit. Ya, memang ada penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Tapi, nggak selalu seperti itu lho.

Pada dasarnya, bakteri adalah orgasnime bersel satu dan mikroorganisme yang ada di mana-mana, termasuk tanah, air, dan udara. Nah, kamu harus tahu kalau bakteri itu ada juga lho yang menguntungkan, bahkan bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kesehatan.

Bakteri dalam yoghurt (srishtypantry.com)

Lactobacillus Bulgaricus

Bakteri yang pertama kali diidentifikasikan oleh dokter asal Bulgaria, Stamen Grigorov,

ini berperan dalam pembentukan yoghurt. Lactobacillus Bulgaricus hidup dari memakan laktosa dan mengeluarkan asam laktat, juga bisa mengawetkan susu sehingga orang-orang yang nggak toleran terhadap produk susu, bisa tetap mengonsumsi yoghurt dengan aman. 

Lactobacillus Bulgaricus bermanfaat untuk kesehatan usus, mencegah diare, kembung, dan sembelit. Bakteri ini juga bagus buat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah kolesterol.

Bakteri dalam susu (kxrb.com)

Lactocococcus Lactis

Kedua adalah Lactocococcus Lactis, ini adalah bakteri yang digunakan dalam membyat keju dan susu. Kamu juga bisa menemukan bakteri ini dalam kefir dari susu kambing atau domba yang difermentasikan. Bakteri ini bisa mencegah perkembangan bakteri lain yang bisa menyebabkan masalah kesehatan pada usus, juga meningkatkan produksi vitamin dan mineral.

Bakteri dalam tempe (vegansociety.com)

Rhizopus Oligosporus

Kamu suka makan tempe? Ya, di dalam tempe pun ada lho kandungan bakteri baik yang menguntungkan, namanya Rhizopus Oligosporus. Bakteri ini juga bisa ditemukan di dalam tanah, buah, dan sayuran yang membusuk, juga pada roti dan nasi yang sudah lama. 

Keuntungan dari bakteri ini, misalnya ketika sudah terkandung di dalam tempe, bisa jadi makanan anti infeksi, menurunkan kolesterol, mencegah hipertensi, dan bisa menangkal radikal bebas yang bisa mencegah terjadinya berbagai penyakit. 

Streptococcus

Kemudian ada juga bakteri Streptococcus yang biasa digunakan dalam pembuatan keju, mentega, dan yoghurt. Bakteri ini bisa bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, menurunkan asam lambung,  dan mencegah terjadinya diare.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"