Nggak Pernah Disorot, Sosok Pengusaha Ini Jadi Pendiri Aqua

Nggak Pernah Disorot, Sosok Pengusaha Ini Jadi Pendiri Aqua

Aqua adalah produk minuman kemasan botol dan gelas yang paling populer di Indonesia. Pendiri Aqua  memang jarang diketahui. Ternyata pria bernama Tirto Utomo merupakan orang penting dibalik berdirinya Aqua. Bisa jadi setiap hari orang beli dan minum Aqua. Tapi belum tentu tahu siapa pendirinya lho.

Sebelum mendirikan Aqua, Tirto pernah menjalani profesi sebagai wartawan dan bekerja di Pertamina. Saat ditugaskan di Sumatera Utara di tahun 1970-an, Tirto dijadwalkan bertemu dengan banyak rekan kerja dari luar negeri, salah satunya dengan pria bernama Raymond Todd, seorang delegasi dari perusahaan di Amerika.

Namun pertemuan tersebut sempat tertunda karena istri Raymond yang datang ke Indonesia mengalami sakit perut setelah meminum air minum yang kurang higienis. Sebab pada tahun 1970-an belum ada produk minuman kemasan, mayoritas orang minum air dengan merebus lebih dulu di rumah.

Nggak Pernah Disorot, Sosok Pengusaha Ini Jadi Pendiri Aqua (Hipwee)

Melansir dari IDX Channel, Tirto mulai berpikir dan tertarik untuk menciptakan gagasan baru dengan membuat produk air minum dalam kemasan yang dijamin kebersihannya tidak membuat orang jadi sakit perut. Tirto yang sudah bekerja di Pertamina pun akhirnya mengundurkan diri.

Dia memutuskan untuk fokus dengan merintis bisnis minuman kemasan bersama beberapa saudaranya. Ia meminta bantuan adik iparnya untuk berangkat ke Polaris, perusahaan air minum dalam kemasan di Thailand untuk mencari tahu bagaimana proses produksi air kemasan.

Tirto menyadari bahwa banyak orang menganggap usaha air minum kemasan yang akan dia rintis akan sia-sia. Sebab dibandingkan membeli air minum dalam kemasan dan mengeluarkan uang, masyarakat memilih minum air dengan merebus di rumah dan gratis, tidak perlu mengeluarkan uang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"