Nggak Perlu Memutus Silaturahmi, Begini Lho Cara Menghadapi Keluarga Toxic

Nggak Perlu Memutus Silaturahmi, Begini Lho Cara Menghadapi Keluarga Toxic

Cara menghadapi keluarga toxic memang tidak mudah sebab apapun yang mereka lakukan, mereka tetaplah keluarga yang harus dihormati. Sebagian orang mungkin menganggap bahwa rumah adalah tempat ternyaman yang penting sekali dalam kehidupan mereka. Namun bagi sebagian lainnya rumah adalah neraka yang penuh dengan perselisihan dan bikin mereka nggak betah berlama-lama di dalamnya.

Sebenarnya ketidakcocokan atau perselisihan yang terjadi dalam keluarga adalah yang wajar saja terjadi. Namun jika terus-menerus terjadi, lama kelamaan keluarga tersebut bisa menjadi toxic dan begitu mengganggu. Lantas, jika memiliki keluarga yang toxic, apakah perlu memutus talisilaturahmi? Mengutip laman Halodoc, begini cara menghadapinya.

1. Melatih Pertahanan Diri

1. Melatih Pertahanan Diri Cara Menghadapi Keluarga Toxic (via Halodoc)

Cara pertama menghadapi keluarga toxic adalah dengan melatih pertahanan diri. Maksudnya adalah ketika kamu sedang menghabiskan waktu bersama anggota keluarga, jangan biarkan mereka mengikutsertakan kamu dalam masalah keluarga yang sebenarnya kamu tidak ingin terlibat di dalamnya.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa melakukan beberapa hal, seperti cukup terlibat dalam percakapan ringan, menghindari topik yang menyebabkan pertengkaran, atau mengakiri percakapan yang kamu anggap tidak perlu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"