Nggak Cuma di Indonesia, Ternyata Banyak Proyek Mangkrak yang Ada di Dunia

Nggak Cuma di Indonesia, Ternyata Banyak Proyek Mangkrak yang Ada di Dunia

Indonesia memiliki beberapa proyek mangkrak yang terpaksa dihentikan karena kasus dana proyek pembangunan  dikorupsi. Beberapa proyek sempat mangkrak di Indonesia antara lain beberapa jalan tol dan Wisma Atlet Hambalang. 

Sebagai negara berkembang ternyata Indonesia harus banyak belajar dari negara-negara maju di dunia yang memiliki kasus serupa dengan mangkraknya beberapa proyek pembangunan di negara tersebut. Apakah proyek tersebut mangkrak karena kasus korupsi?

1. Yujiapu (China)

Yujiapu merupakan proyek di China yang dirancang karena terinspirasi dari kawasan Manhattan di New York, Amerika Serikat, dengan banyak gedung pencakar langit dan apartemen mewah di sekelilingnya. Proyek yang berada di kawasan Tianjin ini memiliki pengeluaran 30 miliar dollar Amerika atau sekitar Rp 400 triliun.

Pembangunan dimulai pada 2009 namun sayang berhenti di 2014. Perusahaan pengembang proyek tersebut merasa gagal dan tak sanggup melanjutkan pembangunan. Alhasil bangunan yang sudah jadi hanya bisa didiamkan begitu saja.

Proyek Pembangunan Mangkrak di Dunia (China Train)

2. Jalan Interstate (Hawaii)

Jalan interstate di Hawaii merupakan mega proyek jalan tol sepanjang 26 kilometer. Jalan tol ini memiliki desain membelah pegunungan. Sejak awal pembangunan, proyek ini dianggap menuai kontroversi karena dianggap merusak lingkungan sekitar dan menghilangkan sisi budaya Hawaii di masa lalu.

Proyek jalan ini awalnya akan menjadi jalan termahal di dunia. Meski sudah sempat dibangun namun proses pembangunan tidak dilanjutkan karena jalan tersebut tak ada akses menunju ibu kota Hawaii, Honolulu. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"