Nggak Bergelimang Harta, Sultan Ini yang Termiskin di Dunia

Nggak Bergelimang Harta, Sultan Ini yang Termiskin di Dunia

Nggak bergelimang harta dan istana kesultanannya juga seadanya aja, siapa sebenarnya Jamalul Kiram III? Pria yang punya julukan Sultan Termiskin di Dunia. Yuk, simak kisahnya, gengs!

Kalau berbicara tentang sultan, yang terpikir pertama tentu adalah orang yang berkuasa dan bergelimang harta, betul kan? Namun, status ini ternyata nggak selalu benar, lho. Ada sultan yang ternyata hidup seperti orang biasa. Dia adalah Jamalul Kiram III, seorang laki-laki yang sering disebut sebagai sultan termiskin di dunia.

Gelar ini nggak didapatkan dari asal klaim. Jamalul benar-benar mendapatkan gelar bangsawan dari Kesultanan Sulu yang kini berada di bawah pemerintahan Filipina. Meski berstatus pimpinan kesultanan, dia tinggal di sebuah rumah berlantai dua yang sangat sederhana di sebuah desa dekat dengan Manila, bukannya di istana yang megah.

Memang, di rumah tersebut, ada plakat bertuliskan 'Kesultanan Sulu dan Kalimantan Utara'. Ada juga peta wilayah yang menunjukkan wilayah kekuasaan Kesultanan Sulu. Sayangnya, plakat dan peta tersebut justru sangat kontras dengan kondisi 'istana' yang sangat apa adanya.

Jamalul Kiram III di Istana Kesultanan Sulu (Kompas.com)

Hal ini disebabkan oleh masa kejayaan Kesultanan Sulu yang memang sudah berlalu. Jamalul nggak mendapatkan warisan apapun dari sultan-sultan sebelumnya. Bahkan, Jamalul memiliki utang yang cukup banyak. Utang ini berasal dari kampanye politiknya yang gagal total pada 2007 silam.

Saat itu, Jamalul ingin maju sebagai senator. Meski didukung oleh presiden Filipina saat itu, Gloria Macapagal Arroyo, nggak banyak orang yang memilihnya.

Meski hidup apa adanya dan terlilit utang, Jamalul tetap memiliki ambisi tinggi untuk kembali mengembalikan masa kejayaan Kesultanan Sulu. Dia nggak pernah lelah menjelaskan wilayah kekuasaan kesultanannya yang mencapai Sabah, Malaysia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"