Nggak Banyak yang Tau, Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat, Dijamin Bikin Melongo!

Nggak Banyak yang Tau, Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat, Dijamin Bikin Melongo!

Sudah bukan jadi rahasia lagi kalau gaji seorang pilot memang cukup fantastis. Tapi, bagaimana dengan orang yang membantu pilot saat memakirkan pesawat? Apakah kamu sudah tau gaji tukang parkir pesawat? Kalau belum, ini saatnya kamu tau!

Profesi tukang parkir pesawat atau disebut juga dengan marshaller cukup bikin penasaran banyak orang. Nggak cuma penasaran sama gajinya aja, namun banyak pula yang penasaran sepenting apa profesi tersebut di dunia penerbangan.

Sebelum mengetahui gaji tukang parkir pesawat, kita perlu lebih dulu mengetahui tentang perannya supaya nggak heran dengan gaji yang diperolehnya itu.

Marshaller mempunyai peran penting bagi pilot saat sedang berada di tempat parkir pesawat atau apron. Serupa seperti juru parkir mobil dan motor yang sering ada di sekeliling kita, marshaller akan memandu pesawat ke lokasi parkir yang seharusnya.

Juru parkir pesawat juga wajib memastikan jalur dan area parkir untuk pesawat terbebas dari segala benda ataupun orang asing. Marshaller dan pilot akan berkomunikasi melalui isyarat gerakan badan.

Profesi yang berkaitan dengan lepas landas pesawat ini juga mempunyai peran penting dalam hal koordinasi. Saat pesawat mendarat, pilot akan berkoordinasi dengan pengendali di bandara. Setelah itu, pilot akan berkomunikasi dengan teknisi perawatan yang memberikan info parkir kepada marshaller.

Juru Parkir Pesawat Alias Marshaller (wikimedia Commons)

Namun, tentunya gaji marshaller sebanding dengan beban kerjanya. Para marshaller bisa membantu pilot dalam memakirkan pesawat sebanyak 5 kali dalam sehari. Bukan main!

Selain itu, dalam sehari mereka bekerja hingga 13 jam dan mempunyai sistem shift. Pada umumnya, jam kerja marshaller dari pukul 06.00 – 19.00 dan 18.00 – 07.00.

Untuk menjalankan tugasnya, mereka harus memakai alat khusus. Seperti penutup kuping untuk meredam bunyi bising dari pesawat, jaket bewarna neon, sepatu dengan ujung besi, bet, lampu, dan tongkat LED untuk membantunya memberi petunjuk kepada pilot.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"