Ngeri! Sempat Viral, Ini Sejarah Kisah Teror Ketuk Pintu di Indonesia dari Masa ke Masa

Ngeri! Sempat Viral, Ini Sejarah Kisah Teror Ketuk Pintu di Indonesia dari Masa ke Masa

Akhir-akhir ini netizen dibuat resah dengan munculnya video 'teror ketuk pintu' saat malam hari di media sosial terutama TikTok. Fenomena itu disebut dengan istilah pagebluk ketuk pintu rumah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pegebluk sendiri berarti wabah atau penyakit. Kata ini pun kian dicari saat video berjudul 'Pagebluk Ketuk Pintu Rumah' atau 'Teror Ketuk Pintu Rumah' mulai bermunculan.

Namun tahukah kamu, ternyata teror ketuk pintu ini bukan yang pertama kali terjadi, loh. Sebelumnya sejumlah daerah di Indonesia juga pernah mengalami hal serupa.

Mau tahu sejarahnya? Yuk simak rangkuman tentang sejarah teror ketuk pintu dari masa ke masa berikut ini:

- Andong Pocong di Sidoarjo

Jauh sebelum heboh pagebluk ketuk pintu di pertengahan tahun 2021 ini, ada misteri 'Andong Pocong' yang terjadi sekitar tahun 2007 di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Andong sendiri adalah kendaraan tradisional berupa kereta kuda, seperti halnya dokar. Mengapa namanya Andong Pocong? Karena yang menunggangi andong tersebut adalah pocong.

Ilustrasi Andong (Kompasiana.com)

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Andong Pocong ada kaitannya dengan peristiwa lumpur Lapindo di Porong, Sidoarjo pada 2006. Saat itu, kabarnya ada sebuah andong yang jatuh ke kawah lumpur dan gentayangan.

Mulai dari sanalah beredar cerita bahwa barang siapa yang mendengar suara lonceng andong, maka mereka akan meninggal dunia dan jadi tumbal. Namun, cerita yang beredar di masyarakat juga menyebutkan bahwa Andong Pocong sering 'gentayangan' dan mencari tumbal ke rumah-rumah warga.

Ia mendatangi rumah warga dan mengetuk pintu rumah tersebut di malam hari. Kabarnya, mereka yang membukakan pintu tersebut akan dibawa ke tempat semburan lumpur Lapindo dan dijadikan tumbal.

- Teror Ketukan Pintu Makhluk 'Bertopeng' di Kalimantan

Teror serupa juga pernah terjadi di Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Misteri itu terjadi sekitar 2017 silam, ceritanyanya pun tak jauh berbeda dengan Andong Pocong di Sidoarjo.

Saat itu, salah satu rumah warga diketuk oleh sosok misterius saat malam hari. Namun bukan hanya satu rumah, teror itu menyebar ke rumah-rumah warga lainnya hingga membuat warga Desa Sungai Ringin resah.

Kejadian yang berlangsung selama beberapa minggu itu pun sempat menemukan titik terang. Sebab, saat itu sempat diketahui bahwa pelaku menggunakan topeng.

Namun anehnya, tak sembarang rumah yang jadi sasaran teror ketuk pintu. Pelaku menyasar rumah-rumah warga yang suami alias kepala keluarganya sedang keluar atau tidak ada di rumah. Wah, bisa jadi sih kalau ini mengarah kepada tindak kejahatan karena memanfaatkan keadaan, ya.

- Misteri Ketuk Pintu Banyuwangi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"