Ngeri Nih! Polusi Udara Juga Bisa Merusak Mata Hingga Menimbulkan Kebutaan

Ngeri Nih! Polusi Udara Juga Bisa Merusak Mata Hingga Menimbulkan Kebutaan

Polusi semakin buruk di kota-kota besar. Bukan cuma udara aja, tapi air dan tanah juga kena polusi. Baik karena limbah, sampah dan bahan beracun lainnya.

Selama ini kita tahu kalau polusi udara bakalan bikin pernafasan gak sehat. Banyak penyakit pernafasan kayak radang, ISPA hingga kanker karena polusi yang parah. Eh, ternyata studi mengungkap polusi udara juga gak baik buat mata loh gengs.

Kota dengan polusi tinggi (rtmagazine.com)

Para ahli mata dari Inggris melakukan penelitian dan udah terbit dalam British Journal of Ophthalmology. Tim penelitian ini melibatkan peserta yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara tinggi sekitar usia paruh baya. Mereka menjadi subject buat tes dan percobaan.

Ada 116 ribu peserta studi tersebut berusia antara 40 sampai 60 tahun. Tinggal di tempat dengan tingkat polusi udara yang parah. Ternyata hasilnya mengejutkan. Peluang mereka mengembangkan degenerasi makula terkait usia (AMD) tercatat delapan persen lebih tinggi.

Polusi udara bisa mengganggu kesehatan mata bahkan merusak penglihatan gengs. AMD adalah penyebab utama kebutaan permanen pada orang yang berusia di atas 50 tahun di Inggris. Apalagi kalau ditambah dengan gaya hidup gak sehat dan genetik, bisa semakin tinggi kemungkinannya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"