Ngeri Abis! Kebiasaan Tidur Dekat Ponsel Bisa Sebabkan 5 Bahaya Ini

Ngeri Abis! Kebiasaan Tidur Dekat Ponsel Bisa Sebabkan 5 Bahaya Ini

Kemajuan teknologi membuat kita sangat terbantu dengan kehadiran ponsel alias handphone. Apalagi sekarang sudah banyak beredar ponsel pintar alias smartphone yang membantu kita mudah mengakses apapun. Terlebih di kondisi pandemi seperti sekarang ini yang menuntut segala aktivitas manusia untuk serba online. 

Tak ayal, saking asyiknya atau banyak pekerjaan membuat kita nggak sadar tidur dekat dengan ponsel atau menggunakan ponsel sampai tertidur. Namun tanpa disadari pula kebiasaan tersebut secara perlahan dapat mengganggu kesehatan lho, Gengs. 

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (10/11/2021) berikut 5 bahaya yang bisa ditimbulkan akibat tidur dekat ponsel. Simak, ya!

 

1. Kerusakan Sel Otak

FYI aja nih, paparan radiasi dari ponsel bisa merusak sel-sel otak. Akibatnya, tubuh lebih mudah terjangkit penyakit sebab otak merupakan pusat pengendalian tubuh. Hayo, ngaku siapa yang gampang sakit? Masihkan punya kebiasaan tidur dekat dengan ponsel? Kurang-kurangin, ya kalau nggak mau sakitnya tambah parah.

2. Insomnia

Insomnia (KlikDokter)

Gangguan kesulitan tidur atau insomnia bisa disebabkan karena meletakkan ponsel di dekat kepala. Berangkat dari insomnia, tubuh juga akan rentan terhadap berbagai penyakit seperti obesitas sampai diabetes. Atau kelelahan yang muncul di siang hari akibat kurang tidur.

3. Ritme Tidur Terganggu 

Masih berlanjut, ya. Paparan cahaya biru dari ponsel juga bisa mempengaruhi produksi hormon melatonin yang berfungsi sebagai penghantar tidur. Akibatnya ritme tidur menjadi terganggu yang memanipulasi tubuh mengalami disorientasi waktu. Alias tubuh menganggap masih siang. Akibatnya nggak ngantuk, deh!

 

4. Sulit Berkonsentrasi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"