Negara Paling Bahagia di Dunia Coba Kurangi Jam Kerja Jadi 6 Jam Per Hari

Negara Paling Bahagia di Dunia Coba Kurangi Jam Kerja Jadi 6 Jam Per Hari

Negara paling bahagia di dunia ada di mana sih? Kalo kamu belom tau, negara itu terletak di kawasan Nordik. 

Nah, negara yang dimaksud adalah Finlandia. Finlandia masuk dalam daftar teratas sebagai negara paling bahagia versi World Happiness Report yang dirilis PBB.

Finlandia adalah salah satu negara paling bahagia di dunia (scmp.com)

Nah, negara yang orang-orangnya juga bahagia ini baru aja mendapatkan kabar bahagia lagi nih gengs. Jadi, pemerintah Finlandia akan memberikan penjelasan terkait wacana pengurangan jam kerja jadi 24 jam kerja aja per minggu.

Itu berarti, orang-orang Finlandia akan bekerja selama 4 hari selama 6 jam doang!

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah Finlandia Palvi Anttikoski. Anttikoski mengatakan bahwa ide ini tercetus sendiri dari Perdana Menteri (PM) Finlandia Sanna Marin sebelum dia menjadi kepala pemerintahan Finlandia Desember 2019 lalu.

Katanya jam kerja di Finlandia tuh mau dikurangi (money.com)

Dikutip dari Seattle Times, Marin menggagas pengurangan jam kerja ini meski belum ada upaya mendorong ide ini menjadi nyata ke depan. Marin juga belum membicarakan gagasan itu dalam rapat kabinetnya.

Saat marin belum menjadi PM Finlandia, Marin berharap agar para pekerja bisa bekerja dalam 4 hari seminggu atau maksimal 6 jam aja per hari. Sayangnya, wacana ini nyaris lenyap setelah dia resmi jadi PM Finlandia.

"Apakah 8 jam kerja per hari dibutuhkan? Menurut saya mereka bisa mengabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga dan melakukan hobinya," kata Marin.

Setelah wacana nyaris lenyap, ternyata PM Marin membuat cuitan bahwa pengurangan jam kerja bakal bermanfaat buat para karyawan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"