Negara-negara Arab yang Kini Berdamai Setelah Konflik Puluhan Tahun dengan Israel

Negara-negara Arab yang Kini Berdamai Setelah Konflik Puluhan Tahun dengan Israel

Sejarah mencatat bahwa Israel menjadi musuh bersama bagi negara-negara Arab sejak puluhan tahun lalu. Konflik berkepanjangan pun terus terjadi. Kawasan itu juga nyaris tak pernah damai.

Tetapi secara perlahan, negara-negara Arab pun mulai berdamai dengan Israel. Konflik puluhan tahun pun perlahan surut seiring perdamaian beberapa negara Arab dengan Israel.

Meski perdamaian adalah kabar yang baik, keputusan berdamai dengan Israel pun menuai protes dari beberapa negara yang tetap memusuhi Israel. Terutama sekali dari otoritas Palestina yang menyebut beberapa negara Arab telah mengkhianati perjuangan rakyat Palestina untuk terbebas dari penjajahan Israel.

Inilah negara-negara Arab yang kini berdamai setelah konflik puluhan tahun dengan Israel.

#1 Mesir

#1 Mesir Mesir berdamai dengan Israel pada 1979 silam (timesofisrael.com)


Mesir menjadi negara Arab pertama yang sepakat berdamai dengan Israel. Perjanjian perdamaian itu dilaksanakan pada 1979 lalu setelah kedua negara terlibat perang tahun 1948 dan perang Yom Kippur tahun 1973.

Dalih perdamaian itu adalah demi stabilitas di kawasan Timur Tengah. Mesir dan Israel bertemu untuk menandatangani perjanjian perdamaian di Camp David tahun 1978 silam. Kedua negara pun sepakat untuk mengakhiri perang tiga dekade.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"