Nama Rumah Adat Indonesia, Edisi Pulau Sumatera

Nama Rumah Adat Indonesia, Edisi Pulau Sumatera

Masyarakat Indonesia mendiami kepulauan Nusantara sejak ratusan tahun yang lalu. Mereka menetap dan mengembangkan budaya hingga adat masing-masing. Termasuk memiliki rumah adat sebagai kekhasan tempat tinggal. 

Berikut ini adalah daftar nama rumah adat di berbagai macam masyarakat Indonesia. Kali ini kita akan membahasnya dari pulau bagian barat Indonesia yakni Pulau Sumatra.

1. Rumah Adat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam | Rumah Krong Bade

1. Rumah Adat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam | Rumah Krong Bade Rumah Adat Aceh Krong Bade (dimensitugas.blogspot.com)

Nama rumah adat pertama dari daerah Provinsi Nanggroe Aceh yakni rumah Krong Bade. Ciri khas rumah ini adalah mempunyai tangga di depan sebagai jalan masuk ke dalam rumah. 

Bentuk rumah ini persegi panjang dan dibuat memanjang dari arah timur ke barat. Dindingnya dari kayu dan dipenuhi lukisan atau hiasan. Atapnya terbuat dari daun rumbia serta lantainya terbuat dari bambu atau enau.

2. Rumah Adat Provinsi Sumatra Utara | Rumah Bolon

2. Rumah Adat Provinsi Sumatra Utara | Rumah Bolon Rumah Adat Sumatra Utara Rumah Bolon (pecintawisata.wordpress.com)

Provinsi Sumatra Utara memiliki rumah adat yang bernama Rumah Bolon. Rumah ini terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan marga yang mendiami. Ada rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Toba, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Angkola, dan rumah Bolon Pakpak.

Tetapi rata-rata rumah Bolon berbentuk panggung yang terdiri dari beberapa tiang bergaris tengah sebagai penyangganya. Dinding rumah bolon dihiasi dengan ornamen yang berwarna merah, putih, dan hitam. Ornamen ini menggambarkan pendangan kosmologis dan filosofis budaya suku Batak.

3. Rumah Adat Provinsi Sumatra Barat | Rumah Gadang

3. Rumah Adat Provinsi Sumatra Barat | Rumah Gadang Rumah Adat Sumatra Barat Rumah Gadang (yasminmochtar.wordpress.com)

Mungkin rumah adat Sumatra Barat adalah yang laing terkenal, yakni rumah Gadang. Sebenarnya rumah ini juga punya beberapa nama lain seperti rumah Bagonjong, Rumah baanjuang, dan Rumah godang.

Yang membuat rumah ini terkenal adalah bentuk arsitekturnya yang unik. Yaitu dengan atap yang menyerupai tanduk kerbau terbuat dari bahan ijuk.

Selain berfunsi sebagai tempat tinggal, rumah ini juga diperuntukan sebagai tempat merawat anggota keluarga yang sakit, tempat melakasanakan upacara, dan lambang kehadiran suatu kaum.

4. Rumah Adat Provinsi Riau | Rumah Melayu Selaso

4. Rumah Adat Provinsi Riau | Rumah Melayu Selaso Rumah Adat Riau Rumah Selaso Jatuh Kembar (graphicdesignpictures.com)

Rumah adat masyarakat Riau bernama rumah Melayu Selaso. Ciri rumah adat ini adalah memiliki kolong atau yang biasa kita sebut dengan rumah panggung. Terdapat juga tiang-tiang bangunan berbentuk persegi panjang. Selain itu rumah adat ini berhiaskan ukiran melayu seperti lebah bergayut, selembayung, pucuk rebung, dan lain-lain.

Rumah ini juga bernama Selaso Jatuh Kembar. Yang bermakna rumah yang memiliki dua selaso atau lantai rumah lebih rendah dari pada ruang tengah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"