Nama Pahlawan di Uang Baru yang Harus Kalian Kenal

Nama Pahlawan di Uang Baru yang Harus Kalian Kenal

Untuk menghormati jasa para pahlawan bangsa, Bank Indonesia dan pemerintah memiliki cara yang tersendiri. Yaitu dengan mencetak figur mereka pada lembaran uang dengan nominal tertentu. Berikut ini adalah nama pahlawan di uang baru yang harus kalian kenali gengs.

Uang kertas rupiah baru (wikipedia.org)

1. Tjut Meutia

Tjut Meutia ditetapkan menjadi pahlawan nasional pada tahun 1964. Perjuangannya mempertahankan Indonesia ditunjukkan dengan ikut berperang melawan penjajah dan merebut pos-pos kolonial Belanda.

Untuk menghormati jasanya, wajah perempuan asal Aceh ini dicetak di salah satu muka lembaran uang Rp 1.000. 

2. Mohammad Hoesni Thamrin

Sebelum diabadikan sebagai karya seni untuk lembaran uang Rp 2.000, Nama MH Thamrin sering ditulis sebagai nama jalan protokol di hampir semua kota di Indonesia.

Jasa kepahlawannya terjadi di masa pemerintahan Belanda. Ia merupakan orang Betawi yang masuk ke dalam pemerintah Hindia Belanda. Sehingga ia dengan mudah menjadi perwakilan rakyat Indonesia.

3. Dr. KH Idham Chalid

Wajah pahlawan ini bisa kita lihat di lembaran uang Rp 5.000. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Indonesia pada tahun 1956 sampai 1959. Tak hanya itu, Idham Chalid juga pernah menjadi Ketua Umum PBNU (Pengurus Besar Nahdatul Ulama) selama 28 tahun, yaitu dari tahun 1956 sampai 1984.

Pahlawan yang tertera dalan uang rupiah baru (wikipedia.org)

4. Frans Kaisiepo

Frans Kaisiepo merupakan seseorang yang aktif melawan Belanda. Ia bahkan rela diasingkan karena menolak untuk diangkat menjadi perwakilan Belanda di Konferensi Meja Bundar.

Tak hanya melawan penjajah, pahlawan ini juga berjuang menentang rencana pembentukan Negara Indonesia Timur. Ia mengubah nama Netherland Nieuwe Guinea menjadi IRIAN (Ikut Republik Indonesia Anti Netherland). Wajah Frans Kaisiepo disematkan pada lembaran uang Rp 10.000.

5. Dr. GSSJ Ratulangi

Siapa yang tak kenal Sam Ratulangi. Jika kalian tidak tahu siapa pahlawan Indonesia tersebut, kemungkinan besar kalian tidak sekolah saat SD dulu. Sam Ratulangi merupakan pahlawan di bidang pendidikan.

Pahlawan asal Manado ini berjuang agar semua rakyat Indonesia mendapat pendidikan yang baik. Setelah Indonesia merdeka, ia diangkat menjadi gubernur pertama Sulawesi Utara. Ia sekarang menjadi lukisan di lembaran uang Rp 20.000.

6. Ir. H. Djuanda Kartawidjaja

Pahlawan ini bisa kita lihat wajahnya di lembaran uang Rp 50.000. Djuanda Kartawidjaja pernah memimpin para pemuda dalam merebut Jawatan Kereta Api dari Jepang setelah Indonesia Merdeka. Tak hanya itu, ia juga berhasil merebut Jawatan Pertambangan, karesidenan, dan objek-objek militer di Bandung bagian utara.

Perjuangannya itu membuatnya diangkat menjadi Kepala Jawatan Kereta Api wilayah Jawa dan Madura. Ia juga pernah menjadi Menteri Perhubungan, loh. Bahkan ia pernah menjadi perdana menteri pada tahun 1959.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"