Muncul Wabah Aneh di Kazahkstan yang Bikin Warga Tidur Berhari-hari, Ternyata Karena Ini

Muncul Wabah Aneh di Kazahkstan yang Bikin Warga Tidur Berhari-hari, Ternyata Karena Ini

Nggak cuma terkena pandemi Covid-19 yang berbahaya, warga Kazakhstan baru-baru ini juga mengalami masalah kesehatan lainnya. Banyak warganya yang terkena masalah kesehatan Sleepy Hollow. Masalah ini sangat aneh karena bisa membuat korbannya tertidur hingga berhari-hari! 

Atas kejadian tersebut, pakar kesehatan bahkan sampai khawatir jika warga bisa mengalami masalah halusinasi. Anehnya, wabah ini tiba-tiba saja muncul. Kok bisa, ya?

Kamu tahu sendiri kan, Gengs kalau orang tidur biasanya hanya semalaman. Normalnya sih orang dewasa membutuhkan waktu tidur 6 sampai 8 jam aja. Kalau lebih dari 10 jam aja pasti kamu bisa merasa pusing. Nah, wabah ini bisa membuat warga Kazahkstan sampai tidur berhari-hari, lho. Bagaimana bisa, ya?

Muncul Wabah Aneh di Kazahkstan yang Bikin Warga Tidur Berhari-hari (Eurasianet)

Menurut Kantor Berita Kazakhstan Azkh, wabah ini terjadi di Desa Kalachi, Kazahkstan. Setidaknya 160 orang sudah menjadi korban. Meski terlihat menyenangkan karena membuat korbannya beristirahat sangat lama, tetap saja otoritas kesehatan setempat khawatir hal ini bisa memicu kematian.

Sebenarnya wabah ini nggak kali ini aja muncul. Pada 2013 lalu, pemerintah sudah melaporkannya. Hanya, baru kali ini pemerintah menemukan sumber awal dari wabah ini. Memang, hingga sekarang belum ada korban jiwa. Namun, tetap saja sejumlah pakar kesehatan khawatir hal ini bisa memicu halusinasi berlebihan.

Menurut keterangan Wakil Perdana Menteri Kazakhstan Berdybek Saparbayev, di Desa Kalachi serta Desa Karasnogorsky, ada tambang uranium. Tambang ini melepaskan karbon monoksida yang cukup tinggi.

"Penyebab penyakit telah ditetapkan. Ini dipicu oleh karbon monoksida. Dulu ada tambang uranium di daerah itu, yang sekarang sudah ditutup. Kadang tambang itu melepaskan karbon monoksida dan hidrokarbon, mungkin juga metana dalam konsentrasi tinggi. Saat itulah wabah sleepy hollow ini terjadi," jelas Saparbayev.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"