Motor Injeksi Perlu "Dipanasin" Nggak Sih? Simak Tips Berikut Ini

Motor Injeksi Perlu "Dipanasin" Nggak Sih? Simak Tips Berikut Ini

Bagi pemilik motor injeksi pasti sudah tau kan kalau motor tersebut cenderung lebih mudah ketika proses menyalakan mesin dibandingkan motor dengan karburator biasa. -Tapi kalau belum tau ya nggak apa-apa sih-

FYI aja nih, hal tersebut disebabkan karena semua sistem pada motor injeksi seperti pengapian, kelistrikan, dan bahan bakar diatur semua oleh ECU (Electronic Control Unit).

Ilustrasi Motor Injeksi (DAYA AUTO)

Meski begitu, Senior Technical Advisor Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Slamet Kasianom menyebut, ritual memanaskan motor injeksi sebaiknya masih tetap dilakukan ya, gengs. Utamanya saat pagi hari sebelum digunakan.

"Masih perlu, minimal satu menit agar oli mesin dan cairan bisa menyebar ke semua part," kata Slamet kepada kumparan, Rabu (27/1/2021) lalu.

Dengan memanaskan mesin, menjadikan komponen lebih siap untuk digunakan sehingga pertautan antara part akan menjadi lebih presisi, lanjutnya.

"Campuran udara dan BBM juga akan menjadi lebih ideal, karena kandungan oksigen di udara yang diperlukan untuk pembakaran dipengaruhi oleh suhu atau temperatur udara sekitar intake," imbuhnya.

Durasi paling ideal memanaskan mesin motor injeksi adalah paling lama 2 menit. Slamet menjelaskan, pada dasarnya motor injeksi sudah memiliki teknologi yang memungkinkan membaca suhu mesin secara otomatis.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"