Motif Batik Modern Nusantara, Kece-Kece Banget Nih Gengs!

Motif Batik Modern Nusantara, Kece-Kece Banget Nih Gengs!

Hai gengs, hari ini kita bahas motif batik modern yuk. Batik kan warisan budaya kita yang udah ditetapkan secara internasional tuh. Makanya, kok sayang banget gitu kalo kita gak pernah ngebahas warisan budaya kita ini gengs, ya ga si?

Dari berbagai pengertiannya, kita bisa sedikit menyimpulkan bahwa batik adalah bagian dari seni lukis juga. Medianya adalah kain dan dilukis dengan pola dan teknik khusus.

2 Oktober 2009 lalu, UNESCO menetapkan batik sebagai Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity (Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia).

Nah, karena budaya batik ini udah mengakar kuat di Nusantara, ada banyak banget jenis batik dari berbagai daerah di Indonesia. Semakin ke sini, makin banyak orang yang mengkreasikan motif-motif batik tuh. Sebutannya sih motif batik modern. Apa aja dan dari mana aja sih? Simak yuk ulasannya....

1. Batik Aceh

1. Batik Aceh Motif batik aceh yang terinspirasi dari alamnya (infobatik.id)

Motif batik modern dari Aceh ini adalah perpaduan dari unsur alam dan budaya dari masyarakat Aceh sendiri. Batik aceh biasanya menggunakan warna yang cerah. Udah gitu, Motifnya jadi unik banget gengs. Kece!

2. Batik Bali

2. Batik Bali Salah satu motif batik bali (duabatik.com)

Pulau Dewata juga punya motif batiknya sendiri loh. Motifnya juga bisa langsung dikenali kok, apa itu modern atau tradisional. Ciri khas kain batik bali punya corak berupa logo atau lambang tertentu. Entah naga atau bentuk-bentuk lainnya.

3. Batik Banyuwangi

3. Batik Banyuwangi Foto motif batik khas Banyuwangi (tribunnews.com)

Corak motif dari kain batik Banyuwangi unik banget gengs. Beda sendiri batiknya. Motif batik banyuwangi juga terpengaruh kekayaan alam Banyuwangi yang mempesona. Keren banget deh pokoknya.

4. Batik Bojonegoro

4. Batik Bojonegoro Motif daun jati ini populer banget dari Bojonegoro (infobatik.id])

Batik dari Bojonegoro lebih unik lagi nih gengs. Inspirasi motifnya juga dari alam, tapi sekilas keliatan lebih kompleks atau rumit. Namanya batik jogoroan dan punya 9 macam motif batik yang sudah dikenal. Misalnya motif jagung miji emas, miwis mukti, parang jembul, dan seterusnya.

5. Batik Banyumas

5. Batik Banyumas Salah satu contoh motif batik banyumas (smantasa.sch.id)

Batik dari Banyumas didominasi dengan warna-warna dasar seperti cokelat dan hitam. Namanya motif jonasan, karena terinspirasi dari tumbuhan dan hewan. Makna yang melekat pada motif khas Banyumas adalah nilai-nilai kebebasan. Ada juga motif madu bronto, jahe puger, dan lain sebagainya.

6. Batik Banten

6. Batik Banten Ceria banget kalo pake motif batik dari Banten (infobatik.id)

Batik dari Banten biasanya punya warna yang cerah dan kesannya ceria. Warna yang digunakan biasanya pastel dan terkesan lembut juga. Hal ini menjelaskan karakter masyarakat Banten yang lembut juga loh....

Ciri khas batik banten adalah pola hias serupa dengan gerabah klasik atau keramik peninggalan kerajaan Banten. Selain itu, batik banten bercerita juga tentang sejarah, gelar, atau tempat tertentu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"