Monumen Wikipedia Senilai Ratusan Juta Dibangun di Polandia

Monumen Wikipedia Senilai Ratusan Juta Dibangun di Polandia

Kalian pasti udah familiar banget sama situs Wikipedia, kan? Situs ini memiliki jutaan artikel dan telah menjadi rujukan bagi pengguna internet di seluruh dunia. Soalnya, banyak artikel Wikipedia juga tersedia dalam beragam bahasa.

Pada 22 Oktober 2014, dilakukan upacara sekaligus peresmian Monumen Wikipedia. Monumen ini merupakan patung yang diletakkan di Slubice, Polandia. Monumen ini dibuat untuk menghormati para penyuting Wikipedia. Pembuatnya adalah Mihran Hakobayan yang lulus dari Collegium Polonicum.

Peresmian monumen Wikipedia (wikipedia.org)

Monumen Wikpedia ini dirancang oleh Krzysztof Wojciechowski sejak 2010 lalu. Dia adalah seorang profesor dan pimpinan di kampus tersebut. Di Polandia, Wikipedia menjadi situs yang sangat populer. Masuk ke dalam 15 besar Wikipedia terbesar di dunia. Monumen ini diharapkan bisa memberikan semangat kepada orang lain untuk menulis di situs ensiklopedia online tersebut.

Wikipedia menjadi ensiklopedia bebas sejak tahun 2001. Pembuat Wikipedia sendiri tidak membayangkan bahwa Wikipedia akan menjadi besar seperti saat ini.

Monumen dengan tinggi 2 meter ini berbentuk sosok empat orang yang sedang memegang bola dunia. Seperti logo yang digunakan Wikipedia. Didanai oleh pemerintah kota sebesar 11.800 euro atau sekitar Rp183 juta. Monumen ini terbuat dari bahan fiber dan resin, tapi dirancang agar tampak seperti kuningan.

Foto dari Mihran Hakobyan (wikipedia.org)

Tulisan pada monumen tersebut berbunyi seperti ini:

MIHRAN HAKOBYAN

Wikipedia

Lewat monumen ini, warga Slubice ingin memberi penghormatan kepada ribuan penyunting tak dikenal di seluruh dunia, yang telah berkontribusi secara sukarela untuk membangun Wikipedia, proyek terbesar yang dibangun oleh umat manusia tanpa memandang batas politik, agama, atau budaya. Pada tahun monumen ini dibangun, 

Wikipedia sudah tersedia dalam lebih dari 280 bahasa dan memiliki kurang lebih dari 30 juta artikel. Para dermawan di balik monumen ini merasa yakin bahwa dengan dijadikannya Wikipedia sebagai salah satu pilar ilmu pengetahuan, masyarakat dapat ikut serta dalam pembangunan berkelanjutan umat manusia, keadilan sosial, dan perdamaian antarbangsa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"