Mobil Mazda di Indonesia Banyak Jadi Kendaraan Dinas Polisi, Tau Gak Sebabnya?

Mobil Mazda di Indonesia Banyak Jadi Kendaraan Dinas Polisi, Tau Gak Sebabnya?

Mobil Mazda di Indonesia khususnya Mazda6 sering digunakan sebagai mobil polisi  atau kendaraan dinas pihak berwajib itu. Memang kebanyakan mobil dinas itu sebagai kendaraan patrol lalu lintas atau patwal di tengah jalan. Lalu tahu nggak sih kenapa mobil Polisi sering pakai mobil Mazda6?

Dilansir dari Kompas.com salah satu sebabnya karena kapasitas mesin yang dimiliki mobil sedan jenis Mazda6 cukup mumpuni dan sangat membantu kinerja polisi dalam bekerja. Mazda6 ini berkapasitas 2.488 cc dan mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 187 tk pada putara 6000 rpm dan torsi maksimum hingga 252 Nm pada 4.000 rpm.

Kemampuan dan kecepatan Mazda6 diyakini mampu membantu kinerja polisi semisal melakukan pengejaran kepada penjahat atau menyusul kendaraan yang melakukan pelanggaran di jalan raya. Sebenarnya ada juga alasan lain yang diduga jadi faktor penting kenapa Mazda6 jadi mobil Polisi.

Mobil Mazda di Indonesia Banyak Jadi Kendaraan Dinas Polisi, Tau Gak Sebabnya (Quora)

Seorang warganet bernama Charis Alfan melalui Quora menuliskan bahwa mobil-mobil Polisi yang digunakan di Indonesia adalah hasil sumbangan dari pihak luar selain pemerintah Indonesia, termasuk Mazda6. Padahal untuk satu unit harga Mazda6 terbilang cukup mahal dan susah dicari sebagai mobil pribadi, tapi di Indonesia malah dijadikan mobil Polisi.

Diduga Mazda6 juga masuk dalam sumbangan termasuk beberapa mobil lain yang pernah jadi mobil dinas polisi, sebut saja Ford-Orion yang merupakan sumbangan polisi dari Inggris. Kia Carnival sumbangan dari salah satu perusahaan di Indonesia, Mitsubishi Lancer Cedia1.6.

Nah, Mazda6 kabarnya sumbangan dari pemerintah Jepang. Memang sangat sedikit orang yang memiliki mobil Mazda termasuk Mazda6. “Lainnya ada mobil bekas sitaan negara seperti BMW M3 E30 Evolution, ini dipakai Polisi karena dulunya mobil impor illegal,” tulis Charis.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"