Mitos! Ternyata Cara-Cara Ini Tidak Ampuh Usir Tikus

Mitos! Ternyata Cara-Cara Ini Tidak Ampuh Usir Tikus

Tikus adalah makhluk yang luar biasa. Selain kecerdasannya, mereka dikenal sebagai hama yang lincah dengan beberapa kemampuan luar biasa seperti melompat, mendaki, dan berenang.

Tikus mungkin memiliki penglihatan yang buruk, tetapi mereka memiliki indera penciuman yang sangat sensitif dan akan menggunakannya untuk berbagai tujuan, seperti mendeteksi sumber makanan potensial dari jarak jauh serta untuk berkomunikasi dengan tikus lain.

Dengan fakta ini, orang mungkin berpikir untuk menggunakan bau tertentu yang menjauhkan tikus. Tapi kemudian ini memunculkan pertanyaan “Bau apa yang paling dibenci tikus?”. Namun, satu hal yang pasti adalah tidak ada cara yang masuk akal untuk mengusir tikus hanya dengan menggunakan aroma tertentu.

# Bau Apa yang Paling Dibenci Tikus?

Meski khasiatnya sering diperdebatkan, namun banyak orang masih percaya ada beberapa bau yang bisa mengusir tikus.

Berikut adalah daftar 3 bau teratas yang diduga menjauhkan tikus:

1. Kapur barus

Kapur barus tak selalu efektif mengusir tikus (fumida.co.id)

Alasan utama mengapa banyak orang mencoba menggunakan kapur barus untuk mengusir tikus adalah karena kapur barus mengandung bahan aktif yang disebut naftalena. 

Bahan naftalena dalam kapur barus yang telah banyak digunakan selama bertahun-tahun sebagai pencegah hama kain seperti ngengat atau gegat. Tetapi sayangnya, menggunakan kapur barus sebagai pengusir tikus sama sekali tidak efektif.

Tingkat naftalena dalam kapur barus cukup kecil untuk secara efisien mengusir tikus.

Kamu pun harus ingat bahwa tikus adalah hama cerdas yang licik. Jika mereka merasa terganggu dengan bau kapur barus di pintu masuk sarang mereka, mereka akan segera mencari akses baru.

2. Bawang putih



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"