Mitos dan Misteri Seputar Gunung Padang, Ada yang Percaya dan Sudah Datang Kesana?

Mitos dan Misteri Seputar Gunung Padang, Ada yang Percaya dan Sudah Datang Kesana?

Tak banyak yang tahu mengenai Gunung Padang. Namun bak cerita dongeng 1001 malam, kemunculan situs megalitikum ini mulai naik ke panggung nasional dan dibumbui sejumlah cerita legenda. 

Mulai dari harta karun, atlantis yang hilang, makhluk asing, piramida, kekuatan mistis, Prabu Siliwangi, dan masih banyak cerita lainnya.

Demi menggali sebuah kebenaran, kini ekskavasi dilakukan di Gunung Padang, Cianjur tersebut. Tim arkeolog dan geolog dari tim Terpadu Riset Mandiri, mengungkap sejarah yang tersimpan di Gunung Padang. 

Diharapkan dengan adanya ekskavasi, bisa terungkap segala mitos dan legenda yang selama ini terlanjur beredar dan membumbui situs bersejarah itu.

Soal cerita Gunung Padang termasuk berbagai mitosnya juga ditulis lengkap dalam buku arkeolog Ali Akbar yang juga tergabung dalam Tim Terpadu Riset Mandiri, 'Situs Gunung Padang Misteri dan Arkeologi'. Ali memasukkan mitos Gunung Padang ke dalam bab tersendiri yakni di bab 3.

Situs Gunung Padang (CNN Indonesia)

Dikutip dari bukunya, "Misteri muncul sebagai konsekuensi logis akibat minimnya penelitian yang dapat menjawab pertanyaan seputar Gunung Padang," tulis Ali.

Menurutnya, misteri seputar Gunung Padang dimulai dari namanya. Nama Gunung Padang memiliki aneka arti dan makna, mulai dari cerita Istana Raja Siliwangi yang tak jadi dibangun dalam semalam, hingga disebut sebagai ibu peradaban. Padang sendiri dalam berbagai bahasa artinya siang atau terang.

"Ada masyarakat setempat yang mengaitkan dengan Jabal Nur atau gunung cahaya di Mekkah. Gunung Padang memiliki pengertian berupa gunung atau bukit dan Padang yang dalam bahasa Sunda berarti siang, terang, atau cahaya. Di Gunung Padang manusia atau masyarakat mendapat pencerahan atau cahaya yang akan menerangi kehidupan di dunia nyata dan dunia gaib," tulis Ali lagi.

Kemudian, mitos selanjutnya adalah soal bagian-bagian di Gunung Padang. Ada 5 teras di Gunung Padang, dimana puncak tertinggi diyakini penduduk setempat sebagai lokasi untuk bersemedi. 

Sebagian masyarakat menyebut teras tingkat 5 ini dengan nama Eyang Perbuka. Emang sih nggak sedikit orang yang datang ke Gunung Padang bersemedi di teras tingkat 5 ini.

Ali Akbar juga menulis di teras tingkat ke 5 ini ada juga gundukan batu bernama Eyang Prajisakti. Nah, konon kabarnya mereka yang ingin jadi dokter, dukun beranak, atau suster cocok bersemedi di bangunan ini.

Masih di teras ke 5. Ada juga cerita mengenai singgasana Prabu Siliwangi, tokoh yang melegenda di Jawa Barat. 

Di teras ke 5 di Gunung Padang yang luas ada juga tempat yang disebut istana atau singgasana Prabu Siliwangi. Tempat itu dahulu dipercaya kerap digunakan Prabu Siliwangi untuk berdoa.

Batu-batu di Gunung Padang juga ada yang menjadi daya tarik karena mengeluarkan bunyi-bunyian. Kalangan sinden, dalang, atau seniman kerap datang dan bersemedi di batu-batu itu. Entah apa yang mereka cari. Mungkin saja, mereka percaya dengan mitos dari kekuatan di Gunung Padang.

Di teras satu dan dua di Gunung Padang juga menyimpan aneka cerita tersendiri. Terdapat pula mata air di bawah Gunung Padang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"