Mitos Atau Fakta, Kisah Anak Angkat Nyi Roro Kidul Salah Satunya Di Surakarta

Mitos Atau Fakta, Kisah Anak Angkat Nyi Roro Kidul Salah Satunya Di Surakarta

Nyi Roro Kidul udah lama menjadi legenda di Pantai Selatan. Sejak jaman penemu kerajaan Mataram, bahkan jauh sebelum Mataram berdiri. Udah ada kerajaan Nyi Roro Kidul.

Cerita dewasa Nyi Roro Kidul gak banyak yang tahu. Hanya segelintir orang aja yang tahu. Sebelum jadi Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul adalah seorang manusia.

Silsilah ratu Pantai Selatan ini berasal dari kerajaan Galuh. Kisah ini ditulis sama Antropolog Robert Wessing. Dalam "A Princess from Sunda: Some Aspects of Nyi Roro Kidul," Asian Folklore Studies Vol. 56 tahun 1997, menyatakan bahwa Ratu Kidul ini mulanya adalah putri dari Kerajaan Galuh, abad 13.

Ilustrasi Nyi Roro Kidul (minenews.id)

Ada juga yang menyebutkan dia adalah keturunan penguasa Pajajaran. Kemudian ada yang mengatakan dia keturunan Raja Airlangga dari Kahuripan, bahkan masih ada yang mengaitkannya dengan Raja Kediri Jayabaya. Yah, silsilah ratu pantai selatan ada banyak versi.

Kalau ditilik dari kerajaan Galuh, dulu Ratu Ayu melahirkan seorang anak perempuan. Tapi dia udah bisa icara sejak kecil. Dan menjelaskan kalau bakalan jadi penguasa Pantai Selatan.

Bersamaan dengan kelahiran sang Putri, roh Raja Sindhula dari Galuh pun muncul dan bersabda bahwa cucunya tersebut gak akan bersuami untuk menjaga kesucian, jika bersuami pun kelak hanya bisa dengan raja-raja Islam di Jawa.

Hingga setelah penantian 200 tahun dia bertemu dengan Panembahan Senopati yang menguasai Mataram. Dia jatuh cinta pada Panembahan Senopati dan bersedia membantu peperangan dengan Sultan Pajang. Begitulah silsilah ratu pantai selatan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"