Misteri Naiknya Gelombang Laut Ketika Bulan Purnama Udah Terjawab, Sebenarnya Mitos atau Fakta Sih?

Misteri Naiknya Gelombang Laut Ketika Bulan Purnama Udah Terjawab, Sebenarnya Mitos atau Fakta Sih?

Bumi, tempat kita tinggal, selalu berputar mengelilingi Matahari. Tapi, Bumi juga punya teman setia yaitu satelitnya yang kita sebut sebagai Bulan.

Bulan akan terus mengikuti Bumi selama masih berputar mengelilingi Matahari. Simpelnya, ini sih udah hukum alam gengs, gak terbantahkan lagi.

Nah, setiap bulan, Bulan juga muncul di langit dalam bentuknya yang bulat penuh. Bahkan selalu ada fenomena Supermoon lho di setiap bulannya. Dan hal ini berulang kali dikait-kaitkan oleh manusia dengan sebuah malapetaka.

Bulan purnama sering dikaitkan dengan malapetaka (forbes.com)

Tsunami di Jepang tahun 2011, ada kaitannya ya? (nytimes.com)

Ada banyak orang yang menyebut bahwa gelombang laut akan naik saat terjadi bulan purnama atau Supermoon. Gelombang laut yang naik bisa menjadi malapetaka karena akan menyapu daratan terdekat.

Hal ini juga telah berulang kali menjadi misteri karena tak kunjung terjawab.

Terus, apa benar ada keterkaitan antara gelombang laut yang naik ketika bulan purnama atau fenomena Supermoon?

Sebenarnya udah ada kok jawaban secara ilmiah terkait misteri naiknya gelombang laut saat bulan purnama. Kamu bisa tau dengan sendirinya kok jawaban tentang misteri ini. Tapi pertama-tama kita mulai dulu dari pengamatan yang udah jadi pengetahuan umum gengs.

Jadi gini, kamu pasti pernah liat kan pasang dan surutnya air laut di pantai? Hal ini terjadi karena pengaruh yang kuat dari gravitasi Bulan gengs. Hal ini disebut sebagai tidal force.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"