Misteri Alutsista TNI yang Dirahasiakan, Indonesia Punya Apa?

Misteri Alutsista TNI yang Dirahasiakan, Indonesia Punya Apa?

Pengadaan alutsista TNI merupakan sesuatu yang tidak boleh diakses sembarangan. Misteri alutsista TNI yang dirahasiakan banyak. Bahkan KPK juga gak boleh sembarangan mengakses pengadaan alutsista TNI. Padahal tugas KPK adalah memastikan gak ada penyelewengan dana. Tapi tetep aja, gak semua boleh diketahui KPK.

Katanya rahasia negara gengs.

Di sisi lain, Indonesia juga memiliki senjata yang tak kalah canggih dengan negara-negara lain loh.  Dikutip dari Liputan6.com senjata buatan Indonesia juga diekspor ke negara lain seperti Singapura dan Thailand.

Senjata canggih ini dibuat oleh PT Pindad. Misteri alutsista TNI yang dirahasiakan, bisa jadi juga berhubungan dengan negara lain. Dalam urusan pertahanan negara.

Misteri alutsista TNI (asianmilitaryreview.com)

Beberapa senjata yang dibuat oleh PT Pindad adalah Senapan Sniper (SPR-1), pistol (P-1, P-2), Revolver, pistol profesional magnum, peluncur granat dan masih banyak jenis senjata lainnya.

Kalau soal senjata, sebenarnya negara kita juga keren kok. Gak kalah sama negara lain. Tapi mungkin misteri alutsista TNI yang dirahasiakan masih ada. Alutsista yang gak dikenalkan pada masyarakat umum. Teru Indonesia punya apa aja sih yang keren?

Berikut ini beberapa senjata canggih yang dimiliki Indonesia:

1. Hercules C-130

Pesawat Hercules C-130 terbaru datang ke Indonesia melalui Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang. Keunggulan C-130 adalah kemampuan operasi yang lengkap. Pesawat Hercules C-130 bisa mendukung logistik, pasukan, kemanusiaan dan dukungan operasi lainnya.

Pesawat ini bisa bawa banyak muatan gengs. Pasukan khusus TNI atau pasukan pemukul reaksi cepat dapat langsung diterjunkan ke sasaran. 

Pesawat ini ditempatkan di Malang karena Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh sudah mempunyai peralatan komplit untuk merawat Hercules C-130. Kayak makhluk hidup, pesawat juga butuh perawatan. Biar bisa bekerja secara maksimal.

2. Rudal RBS-15 MK3

Rudal RBS-15 MK3 (defense-arab.com)

Rudal RBS-15 MK3 adalah salah satu rudal multi platform yang sangat hebat hingga saat ini. Rudal ini bisa dipasang di truk, pesawat tempur hingga kepal perang.

Praktislah bisa dipasang dibanyak tempat dan dibawa ke mana-mana.

RBS-15 MK3 di Indonesia, dipasang di Kapal Cepat Rudal atau KCR Klewang. Indonesia udah punya 4 unit peluncur rudal RBS-15 MK3. Katanya, senjata ini bisa bikin negara lain memperhitugkan kekuatan militer Indonesia.

Rudal RBS-15 MK3 panjangnya bisa mencapai 4,35 meter dengan wingspan 1,4 meter. Berat satu rudal sekitar 800 kg. Gak bisa ditaruh di tempat sembarangan gengs. Berat banget. Kebayang gak sih kalau kenal gedung-gedung gitu. Kerusakan macam apa yang akan terjadi.

Bisa ditembakkan dari jarak 200 kilometer. Kecepatan rudal ini lumayan tinggi hingga akan mengenai sasaran dalam jangka waktu yang sangat singkat. Tiba-tiba udah meledak dan luluh lantak aja.

3. Raytheon AGM-65K2

Ini nih, salah satu rudal andalan Indonesia. Top banget dah rudal Raytheon AGM-65K2. Rudal ini bisa cepat mengenai sasaran. Raytheon sendiri memiliki kecepatan hingga 1.100 km per jam.

Raytheon AGM-65K2 diproduksi oleh Amerika. Rudal ini banyak dipakai di dunia. Salah satu rudal yang hits gitu deh. Rudal ini menjadi senjata andalan Indonesia yang dioperasikan oleh Skadron Udara bersama 10 unit F-16 serta 24 F-16 C/D.

Raytheon AGM-65K2 dipasang pada pesawat tempur F-16. Rudal ini memiliki diameter 300 mm dan panjang 2,49 meter. Rudal Raytheon bisa menempuh jarak tembak hingga 24 kilometer.

4. Kapal Selam KRI Nagapasa-403



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"