Meskipun Cantik & Populer, Ini Dia Beberapa Alasan Mengapa Banyak Artis Korea yang Bunuh Diri

Meskipun Cantik & Populer, Ini Dia Beberapa Alasan Mengapa Banyak Artis Korea yang Bunuh Diri

Nama  Yoo Ju Eun menambah daftar artis Korea Selatan yang bunuh diri, setelah Sulli yang melakukan hal serupa pada 2019 lalu.

Fenomena kematian bunuh diri para artis Korea Selatan ini bukanlah hal yang baru. Menurut sebuah penelitian tesis yang diajukan oleh aktris Korea Park Jin Hee menunjukkan bahwa 40 persen aktor Korea berniat untuk mati karena merasa hidupnya sudah melelahkan.

Lalu 30 persen lainnya mengaku jika mereka serius mempertimbangkan keputusan untuk bunuh diri.

Beberapa alasan pun muncul mulai dari tak ada kehidupan privasi, komentar jahat, pendapatan yang tidak stabil dan sebagainya. 

Lalu, menurut Ming Bang, seorang pekerja di industri KPop, mengatakan jika kesehatan mental merupakan hal tabu di Korea. Sehingga keluarga akan sangat malu jika anak mereka mengalami gangguan kesehatan mental.

Sulli, artis Korea Selatan yang meninggal karena bunuh diri (insertlive.com)

Begitu pun hal yang menimpa pada Sulli. Saat dirinya mencoba bahagia, para haters malah semakn membencinya dan membuatnya merasa sengsara. 

Lalu, dari hasil laporan tahun 2019, World Population Review mengungkapkan jika Korea Selatan memiliki tingkat bunuh diri tertinggi ke empat di dunia. Namun pada umumnya, perasaan malu sepertinya menjadi motif utama mereka memutuskan untuk bunuh diri. 

Banyak masalah yang memicu terjadinya bunuh diri. Hasil penemuan Korea Psychological Autopsy Center di tahun 2015 hingga 2018 mengatakan jika 86,7% punya masalah kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, gangguan tidur dan sebagainya. 

Lalu  61,6% terkait dengan masalah keluarga, 52,9% perkawinan, 59,3% masalah ekonomi seperti kewajiban, penurunan pendapatan dan kemiskinan.

Sedangkan 57,3% umumnya berkaitan dengan tempat kerja, hubungan pribadi, beban kerja dan kesehatan fisik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"