Meski Akhir Bulan, Kantong Bisa Tetap Sehat dan Bebas Drama Dengan Tips Ini!

Meski Akhir Bulan, Kantong Bisa Tetap Sehat dan Bebas Drama Dengan Tips Ini!

Akhir bulan waktunya makan mi instan? Mungkin hal ini pernah menghampirimu, apalagi kalau sudah benar-benar nggak punya uang, karena biasanya gaji udah habis digunakan di awal bulan. Kalau kamu sering merasakan makan mi instan di akhir bulan, bahkan berulang untuk waktu yang lama, mungkin yang salah bukanlah pada jumlah gaji yang ada, tapi bagaimana kamu mengatur keuangan tersebut. Pasti mau dong tetap makan enak di akhir bulan? Begini caranya: 

1. Andalkan uang tunai 

Udah zaman cashless kok disuruh balik menggunakan uang tunai, sih? Eits, tunggu dulu. Kamu bisa mengakali kebiasaan jajanmu dengan cara cashless dan lebih mengandalkan uang tunai. Biasanya dengan memiliki uang tunai, kamu akan terbiasa untuk berfikir dua kali setiap sebelum mengeluarkannya.

Nah, kalau sudah akhir bulan, biar gaji nggak habis duluan, tahan kebiasaan belanjamu dengan uang tunai. Kamu bisa mengatur budget perminggu, tetapkan akan menggunakan uang dalam jumlah berapa banyak, jadi bisa lebih irit lagi! 

2. Tahan jajan dulu

Sudah akhir bulan uang menipis, jangan kalap dan boros dulu ya, Gengs! Mungkin memang pengeluaran kamu untuk jajan nggak besar jumlahnya, tapi jika dilakukan dengan sering, maka sama aja pengeluarannya menjadi bengkak. Ya, nggak?

Belum lagi kamu tergoda promo dan diskon yang membuat kamu merasa nggak ingin melewatkan kesempatan ini. Tenang Guys, diskon akan selalu ada, jadi kamu bisa menunggu di waktu-waktu selanjutnya pas gaji masih sisa.

Kalau bisa, jangan banyak keluar rumah untuk nongkrong dan belanja. Jangan juga buka aplikasi belanja, ya! 

Tips Atur Keuangan Agar Aman Sampai Akhir Bulan (Grid.ID)

3. Membuat catatan keuangan 

Langkah selanjutnya yang justru paling penting adalah membuat catatan pengeluaran dan pendapatan saat ini, supaya kamu tahu gambaran keuangan saat ini dan bagaimana akan mengatur keuangannya. Kamu juga bisa sekalian membuat anggaran keuangan dengan melihat dari pengeluaran bulan-bulan lalu.

Kalau sudah tahu kisarannya, sekarang kamu bisa mengatur anggaran sambil memonitornya dengan mencatat semua pengeluaran yang kamu buat. Jadi, misalnya sudah melebihi batas, kamu bisa setop mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang nggak diperlukan deh!

 

4. Mengatur keuangan dengan baik

Seperti yang sudah disebutkan dari awal, sekarang waktunya meninggalkan kebiasaan boros dan menggantinya dengan belajar mengatur keuangan. Daripada kamu pusing pas uang gajian habis, lebih baik atur keuangannya dulu biar nggak makan mi instan terus setiap akhir bulan.

Kuncinya, saat gajian tiba, catat dulu kebutuhan dan keperluan yang wajib dibayar, kemudian bagi ke dalam beberapa pos biar uangnya nggak digunakan untuk keperluan lain. Nah, sisanya bisa kamu atur untuk uang makan dan uang belanja sehari-hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"