Merantau untuk Kuliah? Simak 4 Tips Ngekos Biar Uang Jajanmu Gak Gampang Kebobolan

Merantau untuk Kuliah? Simak 4 Tips Ngekos Biar Uang Jajanmu Gak Gampang Kebobolan

Saat ini kuliah masih menjadi pilihan utama siswa setelah lulus dari bangku SMA/K. Menurut data statistik Kemendikbud tahun 2020, angka kasar siswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 1,3 juta mahasiswa.

Tak sedikit mahasiswa rantau  tersebar di berbagai daerah Indonesia. Berada di kota orang, mahasiswa rantau dituntut menjadi mandiri dan pastinya pintar mengelola keuangan. Simak tips dan trik berikut biar mahasiswa kos tidak kebablasan boros:

1. Cari Kos Dekat Kampus

Hal pertama yang dilakukan mahasiswa rantau saat pertama kali datang ke kota orang adalah mencari kos. Eitss, jangan sembarangan cari kos ya! Selain disesuaikan dengan budget yang kamu punya, carilah tempat kos yang berada di dekat lingkungan kampus. Dengan begitu kamu bisa memangkas biaya pengeluaran untuk transportasi ke kampus. Jalan kaki saja sekalian sambil olahraga. 

Merantau untuk Kuliah, Simak Tips dan Trik Ngekos Biar Uang Jajanmu Gak Boros (Gurusiana)

2. Tentukan Skala Prioritas

Kalau dapat uang bulanan dari orang tua, jangan buru-buru buat check out di e-commerce atau beli album Oppa-oppa Korea dulu ya! Biasakan diri untuk menentukan hal apa yang wajib dibelanjakan terlebih dahulu. Kalo fasilitas kosmu exclude biaya listrik, boleh tuh isi token listrikmu dulu. Bisa juga kamu gunakan untuk belanja kebutuhan bulanan seperti mie instan, susu, roti, sabun, shampo dan lainnya.

3. Masak Sendiri atau Makan di Warteg jadi Solusi!

Merantau menuntut kita untuk memiliki skill tambahan. Salah satunya adalah memasak. Tak harus punya kemampuan masak yang bisa dinilai Michelin, cukup bisa masak nasi kamu udah bisa irit loh. 

Jika kosmu ada dapur umum, kamu bisa gunakan untuk memasak sayur atau lauk pauk sesuai seleramu. Kalo kamu kurang bisa masak, coba riset warung makan di sekitar kosmu. Warung makan seperti Warteg Bahari menyajikan aneka masakan dengan harga terjangkau untuk mahasiswa!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"