Meninggal di Hari Jumat dan Fakta Menarik Tentangnya

Meninggal di Hari Jumat dan Fakta Menarik Tentangnya

Meninggal di hari Jumat banyak diharapkan oleh umat Islam. Seakan hari Jumat adalah hari idaman untuk kembali ke pangkuan Illahi. 

Meskipun kematian adalah rahasia Tuhan, namun tak salah jika kita mengharapkan meninggal dalam keadaan khusnul khotimah. Dan meninggal di hari Jumat adalah salah satu tanda bahwa seseorang menjadi khusnul khotimah. 

Nah, apa saja sih fakta-fakta tentang meninggal di hari Jumat? Yuk simak!

1. Mendapat perlindungan dari kejamnya fitnah kubur

1. Mendapat perlindungan dari kejamnya fitnah kubur Kuburan (bincangsyariah.com)

Jumat merupakan hari rayanya umat muslim. Hari Jumat adalah hari kebahagiaan dan hari penuh doa yang terucap dari umat muslim.

Jumat memang hari yang begitu istimewa, ini membuat  siapa saja umat mukmin yang meninggal di hari Jumat akan mendapat perlindungan dari kejamnya fitnah kubur. Masyaallah....

2. Dihilangkan dukanya

2. Dihilangkan dukanya Keluarga yang sedang berduka (beritagar.com)

Rasulullah pernah bersabda:

"Sesungguhnya hari Jumat adalah penghulu semua hari, di dalamnya Allah azza wa jalla melipatgandakan kebaikan, menghapus keburukan, mengangkat derajat, mengijabah doa, menghilangkan duka, dan menunaikan hajat-hajat yang besar."

Hadis Rasulullah tersebut setidaknya membuat lega orang-orang yang ditinggal kerabatnya di hari Jumat. Meskipun tak ada yang baik-baik saja ketika ditinggal kerabatnya meninggal.

3. Mendapat jaminan indahnya surga di akhirat kelak

3. Mendapat jaminan indahnya surga di akhirat kelak Ilustrasi surga (sriwijayapost.tribunnews.com)

Surga adalah tempat yang dinanti-nantikan oleh semua orang. Setelah hidup di dunia dan kemudian meninggal, maka manusia akan ditempatkan di salah satu tempat, yaitu surga atau neraka. 

Seperti yang tertulis dalam sebuah kitab yaitu, Hilyatul Aukiya', bahwa yang ditakdirkan Tuhan untuk meninggal di hari Jumat, maka akan terhindar dari kerasnya siksa kubur. Jika seseorang telah terhindar dari siksa kubur, maka niscaya, surga tengah menantinya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"