Mengenal Winda Utami, Sosok Juru Bahasa Isyarat yang Viral

Mengenal Winda Utami, Sosok Juru Bahasa Isyarat yang Viral

Nama Winda Utami  mungkin tidak diketahui banyak orang. Namun jika melihat sosoknya yang dikenal sebagai juru bahasa isyarat , pasti banyak masyarakat yang pernah melihat wajah Winda. Winda adalah seorang juru bahasa isyarat yang sering muncul di layar kaca pada momen acara penting. Yang terakhir Winda menjadi juru bahasa isyarat dalam perayaan HUT RI ke-77 di Istana Negara 17 Agustus 2022 silam.

Apalagi Winda ikut berjoget ketika sejumlah penyanyi tampil, mulai dari Vidi Aldiano hingga Farel Prayoga yang bikin pecah karena menyanyikan lagu “Ojo Dibandingke”. Orang pun semakin penasaran dengan sosok Winda. Siapa sebenarnya Winda? Sejak kapan ia menjalani profesi sebagai juru bahasa isyarat?

Melansir dari beberapa sumber, Winda lahir dan tumbuh di Solo, Jawa Tengah. Ia lahir pada tahun 1993. Wanita berusia 29 tahun ini tertarik menjadi juru bahasa isyarat ketika di tahun 2011. Saat itu Winda sudah memiliki seorang anak asuh meskipun diriya masih duduk di bangku SMA. Winda pun semakin tertarik dengan aktif berkegiatan sosial.

Mengenal Winda Utami, Sosok Juru Bahasa Isyarat yang Viral (Detikcom)

Winda kemudian belajar bahasa isyarat dengan memasuki organisasi bernama Gerkatin di Solo. Setelah lulus, Winda pun bisa melakukan komunikasi dengan orang-orang berkebutuhan khusus. Winda pun berkesempatan untuk jadi juru bahasa isyarat ketika ada debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden tahun 2014 lalu.

Saat itu Winda harus mampu menyampaikan debat pasangan Joko Widodo – Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto – Hatta Rajasa dalam bahasa isyarat. Penampilan Winda kala itu mencuri perhatian sehingga ia pun semakin sering diminta banyak televisi untuk melakukan penerjemah juru bicara bahasa isyarat.

Pada tahun 2016 lalu Winda pun menikah dengan seorang pria bernama Gilang Swara Respati. Dalam kesehariannya Winda tinggal di Solo. Namun ketika ada pekerjaan di Jakarta, Winda akan berangkat meninggalkan keluarganya sementara waktu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"