Mengenal Suku Maya, Salah Satu Suku yang Termasuk Peradaban Tertua Di Dunia

Mengenal Suku Maya, Salah Satu Suku yang Termasuk Peradaban Tertua Di Dunia

Salah satu peradaban tertua di dunia berasal dari Amerika Latin, yakni peradaban suku Maya. Peradaban mereka dimulai pada zaman Arkaik atau 2000 tahun SM. Suku Maya dikenal sebagai salah satu suku yang memiliki kemajuan di banyak bidang, seperti seni rupa, arsitektur, matematika, kalender, keahlian astronomi, dan aksara hieroglif nya.

Peradaban suku Maya sendiri dibagi menjadi 3 zaman yang berbeda, yaitu Praklasik, Klasik, dan Pasca Klasik. Di mana setiap zaman tersebut memiliki sejarah dan ciri tersendiri.

Zaman Praklasik (2000 SM – 250 M)

Peradaban Suku Maya (via dictio.id)

Pada zaman ini, suku Maya mendirikan sebuah pemukiman di kawasan Soconusco yang terletak di pesisir Samudra Pasifik. Para ahli menyebutkan, pada Zaman praklasik ini suku Maya sudah mengenal pertanian, seperti menanam  jagung, kacang, labu, dan cabai.

Ciri khas zaman ini ialah munculnya komunitas kecil yang menetap di suatu tempat dan kemudian berubah menjadi salah satu kota besar pertama di dunia yang tercatat dalam sejarah. Ciri lain zaman pra klasik adalah karya seni tembikar dan arca-arca dari tanah liat.

Zaman Klasik (250–900 M)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"