Mengenal Habib Husein Shihab, Ayah Habib Rizieq Shihab, Pimpinan Pemuda Arab pada Masa Penjajahan

Mengenal Habib Husein Shihab, Ayah Habib Rizieq Shihab, Pimpinan Pemuda Arab pada Masa Penjajahan

Mungkin banyak yang tidak mengenal Habib Husein Shihab. Padahal beliau adalah pimpinan pemuda Arab pada masa penjajahan loh. Jasanya sangat berjasa kalau itu.

Namanya kini sering disebut kembali lantaran anaknya, yang juga seorang ulama kerap menuai kontrovesri.

Lalu, siapa sih Habib Husein Shihab sebenarnya? Yuk kita cari tahu lebih dalam lagi tentang beliau.

Habib Hussein bin Muhammad Shihab atau Hussein bin Muhammad bin Hussein bin Abdullah bin Hussein bin Muhammad bin Shaikh bin Muhammad Shihab adalah seorang pendiri gerakan Pandu Arab Indonesia yang didirikan bersama teman-temannya pada tahun 1937

Pada tahun 1950-an, Habib Husein Shihab menggerakan para pemuda Arab dan membuat sebuah himpunan dalam bidang kepanduan untuk mengabdi kepada bangsa.

Ia dikenal sebagai sosok yang bijaksana dan sangat cekatan dalam memimpin, salah satunya ketika ia memimpin himpunan kepanduan tersebut.

Habib Husein Shihab (Peci Hitam) (Wikipedia)

Ketika kolonial Belanda kembali ke Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan, Habib Husein Shihab bertugas di Rode Kruis (kini dikenal dengan PMI atau Palang Merah Indonesia) pada bagian logistik.

Salah satu peran heroiknya adalah menyuplai makanan dan pakaian secara sembunyi-sembunyi untuk para perjuang yang kala itu sedang bergerilya di sekitaran Jakarta.

Sayangnya, aksi tersebut diketahui oleh NICA (tentara Belanda) karena ada salah satu kawannya yang melaporkan kepada NICA.

Habib Husein Shihab dibawa ke penjara dan divonis hukuman mati oleh Belanda. Beruntungnya, ia berhasil kabur dengan melompat ke Kali Malang dan ditolong oleh KH Noer Ali, pejuang asal Bekasi yang ditakuti NICA.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"