Mengenal Apa Itu 'Working Memory' dan Bagaimana Cara Kerjanya di Otak

Mengenal Apa Itu 'Working Memory' dan Bagaimana Cara Kerjanya di Otak

'Working Memory' adalah salah satu fungsi eksekutif otak. Ini adalah keterampilan yang memungkinkan kita bekerja dengan informasi tanpa kehilangan jejak atas apa yang sedang kita lakukan. 

Bayangkan working memory sebagai catatan tempel sementara di otak. Ia menyimpan informasi baru sehingga otak dapat bekerja dengannya secara singkat dan menghubungkannya dengan informasi lain.

Misalnya, di kelas matematika, working memory memungkinkan anak-anak “melihat” di kepala mereka angka-angka yang diucapkan guru. Mereka mungkin tidak mengingat satu pun angka-angka ini pada kelas berikutnya atau bahkan 10 menit kemudian. Tapi tidak apa-apa. Working memory telah melakukan tugasnya dalam jangka pendek dengan membantu mereka mengatasi tugas yang ada.

Manfaat working memory dan apa yang bisa mengganggu working memory (kemin.com)

Working memory tidak hanya untuk penggunaan jangka pendek. Ini juga membantu otak mengatur informasi baru untuk penyimpanan jangka panjang. Ketika orang mempunyai masalah dengan working memory, otak mungkin menyimpan informasi dengan cara yang campur aduk. Atau mungkin tidak menyimpannya untuk jangka panjang sama sekali. 

Kadang-kadang, apa yang tampak seperti masalah dengan working memory sebenarnya adalah masalah perhatian: Informasi tidak pernah dimasukkan ke dalam sistem penyimpanan otak sejak awal. Pelajari lebih lanjut tentang perbedaan antara perhatian dan memori kerja.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"