Mengagumkan! Begini 10 Tradisi Lebaran Unik di Dunia

Mengagumkan! Begini 10 Tradisi Lebaran Unik di Dunia

Menurut Wikipedia, pengertian tradisi adalah kebiasaan. Penjelasannya, sesuatu yang telah dilakukan dalam jangka waktu lama dan menjadi bagian hidup dari suati kelompok masyarakat. Biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu atau agama yang sama.

Dan berkaitan dengan tradisi, sebentar lagi orang Indonesia bakal menjalani tradisi tahunan, tak lain adalah mudik lebaran.

Mudik lebaran bisa dibilang sebagai salah satu tradisi unik yang hanya dilakukan orang Indonesia saja. Mereka yang sehari-hari bekerja di kota besar, pulang ke kampung halaman demi merayakan hari raya Idul Fitri.

Sholat Ied di India (cermati.com)

Saat lebaran datang, masih ada tradisi unik lain yang dijalani. Tradisi itu adalah membuat kupat atau ketupat lebaran. Makna filosofinya, adalah 'laku papat'. Arti dari 'laku papat' itu adalah lebaran, luberan, leburan dan laburan. 

Nah, itu baru tradisi di Jawa saja. Sedangkan di Indonesia, jika merujuk pengertian tradisi di awal artikel, terdiri dari ratusan hingga ribuan suku bangsa yang memiliki budaya berbeda. Tentu mereka memiliki cara berbeda untuk merayakan lebaran. 

Biar memperluas cakrawala Paragengs, yuk ketahui tradisi lebaran unik di negara lain. Berikut adalah 10 tradisi lebaran unik di dunia yang tak kalah dari Indonesia.

Chaand Raat - India

Di negara yang mayoritas penduduknya menganut agama Hindu ini, Idul Fitri dirayakan tak kalah meriah. Biasanya, Idul Fitri di negara asal Bollywood ini diawali dengan Chaand Rat. Biasanya diselenggarakan di malam terakhir Ramadhan.

Chaand Raat (hellopakistanmag.com)

Pada malam Chaand Raat, masyarakat bakal mengunjungi bazar dan berbelanja. Sedangkan perempuan memakai pakaian tradisional lalu menghias tangan menggunakan Henna.

Sayyid Ajjal - Tiongkok

Sekalipun Islam menjadi agama minoritas, masyarakat Tiongkok merayakan lebaran dengan penuh semangat. Dan tradisi lebaran uni di dunia dari Tiongkok disebut Sayyid Ajjal.

Sayyid Ajjal (jurnas.com)

FYI, Sayyid Ajjal Shams Al Din Omar adalah sosok gubernur pertama provinsi Yunan. Dialah yang memperkenalkan Islam di daerah tersebut. Dan biasanya, pada hari perayaannya ini, masyarakat bakal membersihkan makan lalu dilanjutkan dengan pembacaan kitab suci Al Quran.

Tokhm-Jangi - Afganistan

Kita mengenal Afganistan melalui berita sebagai negara yang kerap dilanda perang saudara. Di balik pemberitaan mengerikan, terdapat tradisi lebaran unik dari negara ini.

Tokhm-Jangi (gooyadaily.com)

Tradisi itu disebut Tokhm-Jangi. Terjemahan bebasnya berarti Perang Telur. Tradisi ini dilakukan masyarakat usai menyelenggarakan Salat Id dengan berkumpul di taman dan saling memecahkan telur rebus milik orang lain.

Bajram - Kosovo

Bajram - Kosovo Bajram (satuharapan.com)

Di Kosovo, Idul Fitri disebut sebagai Bajram. Pada hari ini, masyarakat bakal bangun lebih pagi. Pria pergi ke masjid untuk sholat Ied, sedangkan perempuan tinggal di rumah dan mempersiapkan makanan tradisional. Makanan itu antara lain Borek, Pite dan variasi dessert lainnya.

Ramadan Bayram - Turki

Ramadan Bayram - Turki Ramadan Bayram (finansialku.com)

Di negara yang berbatasan dengan benua Eropa ini, Idul Fitri dikenal sebagai Ramadan Bayram. Di hari ini, setiap rumah bakal memenuhi meja tamu dengan permen. Permen ini nantinya bakal diberikan kepada anak-anak bersamaan dengan makanan tradisional seperti Baklava.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"