Mencengangkan! Berikut 3 Fakta Kapal Induk Indonesia, Buatan Anak Bangsa Nih!

Mencengangkan! Berikut 3 Fakta Kapal Induk Indonesia, Buatan Anak Bangsa Nih!

Sudah kita ketahui dan selalu diajarkan kepada semua siswa sekolah, Indonesia adalah negara kepulauan. Negara Indonesia diakui oleh masyarakat dunia sebagai negara kepulauan terbesar. Hingga kini, total pulau yang ada di wilayah Nusantara mencapai 17.504 pulau!

Untuk penjelasan lebih detail, Indonesia memiliki wilayah seluas 3.977 mil. Luas daratan negara kita tercata seluas 1.922.570 km2 dan luas perairannya mencapai 3.257.483 km2. Bisa terlihat jelas, luas perairan lebih besar daripada luas daratan, cuy!

Fakta seperti di atas tentu membutuhkan kekuatan militer matra laut yang sangat besar. Bagaimanapun, kebutuhuhan militer Indonesia akan kapal, baik untuk kebutuhan perang maupun pengangkut atau pengawasan, sangatlah besar.

Kapal Induk (kaskus.co.id)

Dilansir dari Global Fire Power, alutsista Indonesia yang diperuntukkan matra Laut sejumlah 221. Di antaranya adalah 8 kapal jenis fregat, 24 kapal korvet, 5 kapal selam, 139 kapal patroli dan 11 kapal penyapu ranjau.

Kalo kita bandingkan dengan luas wilayah yang harus diawasi serta jumlah perbatasan wilayah Indonesia dengan wilayah negara tetangga, tentu jumlah alutsista di atas tidaklah mencukupi. Untuk itu, militer dan pemerintah Indonesia pun berencana membangun kapal induk Indonesia. Kabar gembira, nih!

Kapal induk made in Indonesia!

Dilansir dari KataData, PT. PAL sudah membuat desain mockup yang berisi gambaran detail plus spesifikasi dari kapal induk yang akan diproduksi. Meskipun saat ini masih berupa konsep, bisa dipastikan saat sudah jadi kalo kapal bakal mampu digunakan untuk memenuhi kebutuhan Indonesia. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk mengangkut helikopter, cuy!

Konsep kapal induk Indonesia (inet.detik.com)

Sebelumnya, PT. PAl sudah pernah memproduksi kapal SSV (Strategist Sealift Vessel-1) yang kemampuannya pun bisa disejajarkan dengan buatan luar negeri. Dengan panjang sekitar 123 meter dan lebar 21,8 meter, kapal induk Indonesia ini mampu membawa 121 ABK (Anak Buah Kapal) dan 500 prajurit.

Yang paling mengagumkan adalah kapal ini juga masih bisa diisi dengan empat tank, dua jeep, empat truk, dua helikopter dan satu mobil ambulans. Kalo sudah berhasil diproduksi, pastinya akan menambah daya tempur Angkatan Laut, dong!

Penjelasan singkat tentang konsep kapal

Dibuat untuk helicopter carrier atau pengangkut helikopter, kapal induk Indonesia ini tentu memegang peranan penting dalam strategi militer. Jika sudah bisa digunakan sebagai pusat komando berjalan, kapal ini nantinya bakal dilengkapi dengan kemampuan komunikasi, logistik dan sarana hubungan transportasi.

(inet.detik.com)

Dan kalo sudah terealisasi, kapal induk Indonesia ini bakal memiliki fasilitas apung yang masing-masing berkapasitas 50.000 ton!

KRI Nusantara, yang masih dirancang dan akan diwujudkan

Selain akan memproduksi helicopter carrier, PT. PAL juga tengah merancang kapal induk militer yang diberi nama KRI Nusantara. Oleh pemerintah dan pihak militer, kapal induk Indonesia ini diklaim bakal menjadi yang terbesar di dunia!

Kapal induk helikopter milik Indonesia (militermeter.com)

Penjelasan singkat tentang kemampuannya, kapal ini mampu untuk membawa 8.000 pasukan dan 100 pesawat. Menggunakan penggerak berbahan nuklir, alutsista Indonesia ini mampu untuk mengirimkan serangan bertubi-tubi ke kantong pertahanan musuh. 

Yang paling membanggakan, inti nuklir yang digunakan sebagai penggerak kapal ternyata selevel dengan kapal induk milik Amerika Serikat, seperti USS Kitty Hawk, USS Ronald Reagan dan USS Enterprise, lho!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"