Melihat Rumah Mantan-mantan Presiden Indonesia, Ada yang Harganya Ratusan Miliar dan Pakai Lift

Melihat Rumah Mantan-mantan Presiden Indonesia, Ada yang Harganya Ratusan Miliar dan Pakai Lift

Banyak masyarakat yang mengetahui lokasi rumah mantan Presiden  di Indonesia. Namun sayang dari 6 mantan Presiden, hanya Soekarno yang mengaku tidak memiliki rumah pribadi. Hal itu terungkap dalam buku “Bung Karno, Penyambung Lidah Bangsa Indonesia”.

Sang penulis Cindy Adams menuliskan ucapan Soekarno yang mengatakan jika memiliki rumah pribadi berarti bertentangan dengan pendiriannya yakni tidak mau mengambil sesuatu dari rakyat Indonesia.  “Aku satu-satunya presiden di dunia ini yang tidak punya rumah sendiri. Baru-baru ini rakyatku menggalang dana untuk membuatkan sebuah gedung buatku. Tapi di hari berikutnya aku melarangnya. Ini bertentangan dengan pendirianku. Aku tidak mau mengambil sesuatu dari rakyatku. Aku justri ingin memberi mereka,” ujar Soekarno. Berikut rumah pribadi 5 mantan Presiden Indonesia selain Soekarno.

Melihat Rumah Mantan-mantan Presiden Indonesia, Siapa yang Paling Megah (Kompas.com)

1.    Soeharto

Soeharto memiliki rumah pribadi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Cendana Nomor 8. Rumah besar itu berada di kawasan strategis dan dekat dengan rumah-rumah anak-anak Soeharto lainnya. Soeharto sebenarnya diberikan kebebasan untuk tinggal di Istana Negara selama jadi Presiden. Namun dia memilih tinggal di ruma pribadinya.

Keputusan itu tentu bukan tanpa alasan. Ada rumor yang menyebut Soeharto memilih rumah dibandingkan istana karena hal kejawen yang dekat dalam kehidupannya. Dilansir dari Merdeka, ternyata alasan Soeharto karena keluarganya. “Saya bukan tidak mau tinggal di istana, melainkan demi kepentingan dan kebaikan keluarga. Untuk kepentingan anak-anak agar tidak terpisahkan dari masyarakat, saya memilih tinggal di luar istana,” kata Soeharto.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"