McRefugee: 'Produk Baru' Gerai-Gerai McDonald's di Hong Kong?

McRefugee: 'Produk Baru' Gerai-Gerai McDonald's di Hong Kong?

Hong Kong itu macem ibu kota Asia juga ya. Segala keunikan bisa terjadi di sana. Tersiar kabar bahwa pada 2013 lalu, diketahui sebanyak 57 orang menghabiskan waktu di malam hari dengan ramai-ramai nginep di gerai-gerai restoran cepat saji beken Amerika, McDonald's.

Salah satu gerai McD di Hong Kong. (twitter @syswun)

Kabar itu kan tiga tahun lalu, kini katanya telah meningkat drastis. Bisa mencapai angka 334 orang yang tidur di gerai-gerai McD di Hong Kong. Fenomena ini bahkan dijuluki McRefugee. Orang-orang pun bertanya-tanya, apa sebabnya? Soalnya, para pelakunya datang dari kalangan orang berduit dan punya rumah.

Organisasi nonprofit Juniro Chamber International (JCI) Tai Ping Sang kemudian membuat studi pada 110 gerai McD di sana. Hasilnya, lebih dari 70 responden yang menjadi sampel mengaku bahwa mereka punya tempat lain untuk tidur, sebagian besar dari mereka punya pekerjaan tetap atau paruh waktu. 

Nginep rame-rame di McD di Hong Kong. (twitter @beijingcalling)

Jadi, anggapan selama ini tentang McRefugee adalah para tunawisma langsung dibantah. Dan begitu diteluri lebih jauh, ternyata salah satu penyebab mereka tidur di McD adalah untuk menghindar dari masalah seperti harga sewa apartemen atau listrik yang luar biasa mahal di Hong Kong.

Seseorang yang tinggal di apartemen tak berjendela misalnya, seringkali keberatan membayar biaya listrik untuk AC. Makanya, mereka milih untuk tidur di gerai McD selama musim panas. Ketimbang merogoh kocek 2 dollar AS per AC yang mereka gunakan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"